AXL ROSE MELANJUTKAN GUGATAN TERHADAP ACTIVISON

Pada Selasa, 14 Agustus 2012, sidang digelar di ruang sidang Los Angeles tentang klaim 20 juta dollar AS yang diajukan oleh Axl Rose terhadap Activision Blizzard publisher game Guitar Hero III . Axl Rose menggugat Activision Blizzard tentang penggunaan lagu “Welcome To The Jungle” di Guitar Hero III yang telah melanggar kesepakatan antara publisher dan Axl untuk tidak menggunakan karakter Slash dalam permainan tersebut.

Pada akhir sidang, hakim menunjukkan bahwa ia akan membuang klaim Axl Rose (20 Juta dollar AS) tapi membiarkan gugatan pelanggaran kontrak untuk dilanjutkan, kemungkinan akan digelar sidang lagi Februari mendatang.

Secara resmi, pengacara Axl berusaha untuk menyatakan bahwa klaim sebesar 20 juta dollar AS tidak bertambah sampai ia menemukan bahwa “Activision telah sengaja menyembunyikan rencananya untuk menggunakan Slash dalam permainannya selama ini.” Tetapi hakim tidak menerima argumen itu dan tampaknya siap untuk menyerang klaim penipuan karena undang-undang pembatasan telah berakhir.

Pengacara Axl Rose Skip Miller berjanji bahwa perkara ini akan menjadi “sangat menarik”. Dalam gugatan itu, Axl Rose dan Black Frog Music mengklaim bahwa publisher video game curang untuk hak cipta “Welcome To The Jungle” yang dimasukkan untuk digunakan dalam permainan populer Guitar Hero III. Sebelumnya Activison Blizzard mengadakan negosiasi dengan Axl Rose dan Black Frog Music untuk tidak akan menampilkan referensi apapun untuk Slash dalam lagu tersebut.

Pihak Activision pada awalnya mengatakan bahwa gambar Slash hanya digunakan untuk tujuan pemasaran, namun pihak Axl Rose menjadi marah besar ketika ia mendapati salinan dari Guitar Hero III, yang menampilkan karakter Slash dalam permainan dan bahkan di sampulnya.

Salah satu masalah besar untuk Axl Rose adalah bahwa permainan ini telah dirilis pada 28 Oktober 2007. Namun, gugatan Axl Rose tidak diajukan sampai akhir November 2010 – lebih dari tiga tahun setelah agen Axl Rose mengirim email keberatan ke Activison.

Mengapa Axl Rose saat itu tidak segera mengajukan gugatan? Axl Rose memberikan alasan dalam pernyataannya,

“Alasan saya tidak mengajukan gugatan adalah karena Activision – melalui manajer saya dan perwakilan, menawari saya sebuah permainan video terpisah dan proposal bisnis lainnya senilai jutaan dolar untuk menyelesaikan dan menyelesaikan klaim saya berkaitan dengan GH III,”
“Sejak Desember 2007 sampai November 2010, Activision menawarkan saya video game khusus Guns N’ Roses, permainan yang didedikasikan untuk musik dari album Chinese Democracy, dan proposal lainnya.” Kata Axl Rose dalam sebuah pernyataan.

Axl Rose juga mengajukan klaim untuk lagu “Sweet Child O Mine ‘” yang digunakan dalam sebuah promosi online untuk Guitar Hero III, meskipun lagu itu diberikan hak ciptanya hanya untuk Guitar Hero II.

Dalam kasus ini, Activision berpendapat bahwa “Axl Rose tidak memiliki kewenangan untuk mengambil lisensi ‘Welcome To The Jungle’ dalam kapasitas perorangan karena ia tidak memiliki lagu atau rekaman suara.”

Activision berusaha untuk berdebat bahwa ini adalah tidak relevan, bahwa tidak akan ada pelanggaran kontrak karena Axl Rose sendiri tidak memiliki kewenangan untuk secara sepihak membuat kesepakatan.

Hakim memungkinkan klaim pelanggaran kontrak antara Activison dan pihak Axl harus diselesaikan di pengadilan, yang dijadwalkan digelar pada 1 Februari 2013.

Sumber berita : http://www.hollywoodreporter.com/thr-esq/axl-rose-guitar-hero-lawsuit-361946

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: