DJ ASHBA

Dj Ashba, musisi muda yang sedang bersinar dan menjadi gitaris untuk Guns N’ Roses dan Sixx:AM. Sejak kecil dia dan ayahnya adalah penggemar dari Motley Crue dan Guns N’ Roses, adalah suatu kehormatan luar biasa baginya ketika saat ini dia bermain untuk Nikki Sixx dan Axl Rose.

Dibesarkan oleh seorang Ibu yang sangat religius yang pandai bermain piano dan hal itu membantu percikan kreatifitas musik ke dalam diri Ashba. Ashba menganal musik pertama dengan bermain piano, kemudian belajar drum, dan kemudian belajar bermain gitar. Dia menjadi jatuh cinta pada gitar dan mengantarkannya ke taman playground di LA dimana dia bergabung dengan Bulletboys.

Bersama Bulletboys ternyata permainan gitar Ashba membuat Nikki Sixx (Bassis Motley Crue) terkesan yang kemudian mengajaknya untuk membentuk proyek band sampingan (band utama Nikki Sixx adalah Motley Crue). Sekarang Dj Ashba adalah salah satu talenta utama dari musik hard rock, Ashba menjadi orang yang super sibuk karena di samping jenis musik yang dia mainkan dan dia ciptakan dia juga memiliki beberapa bisnis antara lain bisnis clothing ‘Ashba Swag’, perusahaan media ‘Ashba Media Inc’, Studio ‘Ashbaland Inc’ dan beberapa hari yang lalu mendirikan bisnis otomotif ‘AAG (Ashba Automotive Group)’. Dj Ashba membangun namanya bukan hanya melalui musik, ini adalah sisi yang aneh dan menarik dari kehidupannya.

Bulan Maret lalu, Ashba menyediakan waktu untuk berbincang-bincang dengan Leslie Michele Derrough dari GlideMagazine.com tentang masa awal tumbuh besar di kota kecil Amerika, beberapa cerita mengapa akhirnya dia memilih gitar.

Glide : “Apa yang telah Anda lakukan hari ini?”
Dj Ashba : “Haha, yah, saya baru saja membeli rumah di Las Vegas dan kami baru saja membuat studio di rumah itu. Jadi sekarang rumah itu akhirnya selesai (dibangun) dan akan menjadi tempat bekerja untuk saya.”

Glide : “Jadi apa yang akan anda lakukan di rumah baru dengan fasilitas studio dan semuanya?”
Dj Ashba : “Membuat banyak lagu dan musik, haha..”

Glide : “Apakah ini termasuk musik baru bersama Sixx:AM?”
Dj Ashba : “Kami (Sixx:AM) sedang menulis lagu di sekitar waktu sekarang dan saya juga mengatur waktu untuk bekerja dan menulis lagu untuk Guns N’ Roses, dan yeah semuanya baik-baik saja.”

Glide : “Anda berasal dari keluarga yang religius. Bagaimana Anda menemukan rock and roll?”
Dj Ashba : “Anda tahu apa yang aneh? Ibu saya adalah seorang guru piano klasik jadi sebelum (kaki) saya bisa mencapai pedal drum, saya sudah berada di bangku piano dan sedang bermain piano. Saya memulainya ketika berumur tiga tahun. Jadi meskipun saya berasal dari keluarga yang sangat religius, saya dibesarkan tanpa fasilitas TV, Ibu saya adalah pengaruh terbesar bagi karier musik saya. Ibu saya penggemar berat Elvis (Presley) sehingga saya sejak belum tumbuh gigi sudah mengenal semua lagu Elvis. Jadi saya rasa inilah awal dari ceritanya.”

Glide : “Kapan piano dan drum berubah menjadi gitar?”
Dj Ashba : “Yah, ibu saya mengajarkan piano kepada saya dan membuat saya terpaksa bermain piano walaupun sebenarnya saya tidak pernah menyukai bermain piano. Kemudian saya memulai bermain drum ketika berumur sekitar enam tahun. Saya berada di band sekolah menjadi drummer namun saya selalu mematahkan stick drum di rumah dan kembali ke sekolah tanpa membawa stick drum. Jadi akhirnya mereka membiarkan saya pergi karena saya tidak pernah lagi membawa stick drum untuk bermain, haha..”

“Saya terinspirasi oleh orang-orang seperti Eddie Van Halen dan itu mengubah hidup saya ketika saya mendengar gitar. Itu adalah sebuah pilihan yang kurang disetujui oleh ibu saya. Bagi saya tidak ada yang benar-benar lebih keren selain bermain gitar. Ini adalah sesuatu yang membuat Ibu saya tidak pernah memberi kesempatan bagi saya untuk berlatih gitar. Jadi saya memulai belajar gitar ketika berumur sekitar sembilan tahun.”

Glide : “Apa gitar pertama Anda?”
Dj Ashba : “Gitar pertama saya adalah Flying V. Saya membelinya dari catalog Sears dengan harga $189.”

Glide : “Bagaimana keadaan gitar pertama Anda?”
Dj Ashba : “Gitar itu saya jual karena saya pikir tidak bisa melakukan penyelaman terhadapnya, sehingga saya menukarnya dengan Series 10 dan itu lebih keren. Saya menyukai Flying V putih karena Randy Rhoads (gitaris yang pernah bermain untuk Ozzy Osbourne) tapi gitar itu mengerikan, saya tidak bisa bermain dengan baik bersamanya sehingga akhirnya saya menukarnya dengan Series 10 ungu.”

“Saya ingat ketika bangun pagi setiap hari, dan “Waw, di sinilah kamarku. Ini bukan mimpi.” Saya menyukai hal ini dan saya bisa menonton MTV karena saya tinggal bersama ayah saya pada saat itu dan ayah saya memiliki TV. Pada saat menonton MTV, seseorang gitaris memutar gitarnya di sekitar belakang punggungnya dan saya pikir itu hal yang paling keren. Jadi hari kedua setelah saya memiliki gitar ini (Series 10), saya memutar-mutarnya di sekitar punggung atau mencoba memutar di leher saya, hahaha…. Pada suatu hari ayah saya membawa saya ke pertunjukan konser Motley Crue, itu adalah pertunjukan konser pertama yang pernah saya lihat.”

Glide : “Apa lagu rock pertama yang Anda pelajari untuk memainkannya?”
Dj Ashba : “Saya pikir itu ‘Peter Gunn’ , dadumdadum, apapun itu. Saya pikir cukup banyak riff yang saya mainkan untuk pertama kalinya. Dan kemudian saya berpikir untuk memainkan ‘Smoke On The Water’ (Deep Purple) karena itu cukup mudah bagi gitaris pemula untuk memainkannya.”

Glide : “Siapa rock star yang pertama kali Anda jumpai?”
Dj Ashba : “Saya ingat (ketika) sampai di LA dan ketika berjalan ke Tower Records (toko CD) di Sunset dan saya belanja di sana kemudian sebuah limusin hitam tiba dan Elton John melompat keluar dari mobil bersama sepuluh orang di belakangnya. Dia mengambil keranjang kecil dan dia menyapa saya ‘Hai’, dia benar-benar keren. Saya pikir dia adalah rock star yang pertama kali saya jumpai, ya dia berada di toko untuk mungkin sekitar lima menit dan akhirnya pergi, ‘Waw dia benar-benar keren’ haha…”

lebih lengkap di sumbernya langsung : http://www.glidemagazine.com/articles/58234/dj-ashba-of-guns-n-roses-sixxam.html

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

