10 Perpecahan Band Rock Paling Terkenal di Dunia.

2 Juni 2012
Perpecahan dalam band rock terutama era Classic Rock adalah sesuatu hal yang paling menarik untuk dibicarakan di media, tentang perdebatan mereka, perseteruan mereka dan berbagai spekulasi konser reuni. Berikut ini adalah daftar 10 perpecahan band rock classic yang paling banyak menyita perhatian dunia :

1. Van Halen
Sammy Hagar adalah vokalis pengganti vokalis sebelumnya yaitu David Lee Roth. Seorang pekerja keras seperti Sammy Hagar akhirnya dipecat setelah serangkaian argument atas lagu-lagu soundtrack film. Kemudian Van Halen kembali ke vokalis pertamanya, David Lee Roth. David Lee Roth kemudian mundur lagi tahun 1996, digantikan oleh Gary Cherone. Tahun 2003 Van Halen kembali reunian bersama Sammy Hagar kembali sampai tahun 2005. Tahun 2006 Van Halen kembali bersama vokalis pertamanya David Lee Roth. Band yang digawangi oleh kakak beradik Eddie Van Halen (gitar) dan Alex Van Halen (drum) ini sampai sekarang bersama vokalis David Lee Roth.

2. The Beatles
Band paling legendaries yang berasal dari Inggris ini mempunyai dua personel yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam band yaitu, Paul McCartney dan John Lennon. Dominasi keduanya sangat terasa dalam band tersebut, akhirnya Paul McCartney menjadi pencipta lagu utama di Beatles mengalahkan John Lennon. Perpecahan semakin terasa ketika Lennon menikah dengan Yoko Ono, dan Paul McCartney membuat para fans patah semangat ketika dia menyatakan mengundurkan diri dari band pada tahun 1970. Dan para personel yang lain merasa frustasi dengan dominasi Lennon dan McCartney.

Paul McCartney pernah dinobatkan sebagai musisi terkaya di dunia, dan sampai saat ini Paul McCartney masih masuk dalam Guiness World Record sebagai pencipta lagu hits tersukses di dunia. Disaat John Lennon meninggal dunia, karier Paul McCartney malah semakin menanjak. Dia kemudian membentuk band “Wings”. Lagu-lagu terkenal yang pernah diciptakan Paul McCartney adalah : Live And Let Die (yang kemudian dinyanyikan ulang oleh GNR) dan Yesterday (yang pernah dinyayikan ulang oleh lebih dari 2200 musisi di seluruh dunia).

3. The Allman Brother Band
Pendiri band Allman Brother, Gregg Allman menulis dalam bukunya “My Cross to Bear” tentang mengapa band tersebut memecat sang gitaris Dickey Betts pada tahun 2000.

Setelah band ini kehilangan Duane dan Berry Oakley di awal tahun 1970-an, Dickey Brett tidak memberikan kontribusi untuk dapat mempertahankan band. Allman Brother kemudian menganggap bahwa Dickey Betts adalah “penggangu” ketika pada tahun 2000 ia mabuk dan mengacaukan konser mereka, akibatnya setelah itu Dickey Betts dipecat.

4. The Eagles
The Eagles menjadi band papan atas dunia pada tahun 1970an, namun bakat mereka dibayangi oleh egoism di antara mereka. Pada tahun 1980 saat konser di Long Beach, California, Glenn Frey berkelahi dengan gitaris Don Felder. Glen Frey mengatakan, “Kami diatas panggung, dan Felder menatapku dan berkata, ‘Hanya tiga lagu lagi sampai aku menendang pantat kamu sobat!’ dan aku katakan, ‘Bagus, aku tidak sabar!’” Begitu menyeesaikan tiga lagu terakhir maka mereka pun berkelahi.

Band ini kembali reuni pada tahun 1994, namun kemudian Felder keluar lagi di tahun 2001 dengan berbagai perselisihan, akhirnya kasus Felder dengan Eagles diselesaikan lewat pengadilan ditahun 2007.

5. Creedence Clearwater Revival
Band ini mulai berantakan pada awal tahun 1970 ketika John Fogerty mulai mendikte arah artistic dan arah musik band tersebut yang tidak pernah didiskusikan oleh seluruh anggota band. Ketegangan, dikombinasikan dengan kontrak rekaman yang buruk, akhirnya menyebabkan band ini berpisah. Semua anggota meninggalkan band yang menyebabkan John Fogerty terganggu karena ia masih punya hutang delapan album pada Fantasy Records. Dia kemudian memutuskan untuk berhenti rekaman hingga akhirnya kontraknya dibeli oleh Geffen Record 12 tahun kemudian.

6. Styx
Perselisihan antara Dennis DeYoung dengan beberapa temannya di band itu menyita perhatian dunia pada waktu itu. Dia pernah dikeluarkan dari band ketika dia terserang virus dan meminta pada semua anggota band untuk menunda tur. Para anggota lainnya memutuskan untuk tidak memberinya waktu ekstra dan pada dasarnya memilih dia keluar dari grup.

7. Pink Flyod’s
Tidak tidak dapat pungkiri bahwa Roger Waters adalah kekuatan kreatif dalam album ‘The Wall’, yang tersisa dari reuni di pertengahan 1980-an. Band ini awalnya pecah pada tahun 1983, tapi David Gilmour dan Nick Mason mempunyai ide untuk menyatukan band ini kembali. Roger Waters yang sudah bersolo karier tidak suka dengan ide tersebut, Roger Waters menggugat mereka karena membawakan lagu-lagu dalam ‘The Wall’, akhirnya kasus itu diselesaikan lewat pengadilan pada tahun 1985. Sampai tahun 2005 mereka masih bermusuhan.

8. Black Sabbath
Band ini boleh dibilang adalah perintis musik metal, namun pada tahun 70an dan memasuki tahun 80an mulai terjadi perpecahan di antara mereka. Ozzy Osbourne mengatakan kepada The Guardian tahun lalu bahwa anggota band hampir tidak berbicara pada tahun 1979, dan mereka mulai terganggu dengan narkoba. “Kami mencoba untuk mengelola diri kita untuk sementara, tapi kami selalu di bar,” kenang Osbourne. Ozzy Osbourne kemudian bersolo karier dan kemudian juga mengajak Zakk Wylde sebagai gitarisnya. Black Sabbath melakukan reuni tahun 1997 – 2006. Dan bersatu lagi ditahun 2010 sampai sekarang.

9. Guns N’ Roses
Band Paling Berbahaya di Dunia, “The Most Dangerous Band In The World”. Karena band ini mampu menghadirkan lebih dari 200.000 penonton disetiap konsernya di seluruh dunia, membuat band ini menjadi Band Rock Terbesar di Dunia pada kurun waktu 1987-1993.

Axl Rose sebagai pencipta lagu utama dan pentolan band ini pernah menendang keluar Steven Adler yang terlalu sering masuk panti rehabilitasi daripada masuk ruang studio musik. Izzy Stradlin sebagai salah satu pendiri dan pencipta lagu hits menyatakan keluar di akhir tahun 1991.

Dan perseteruan paling menarik dalam sejarah musik rock dunia adalah perseteruan antara Slash dan Axl Rose. Slash meninggalkan band tahun 1996, dan kemudian Axl Rose menganggapnya sebagai “Kanker yang harus disingkirkan”. Axl Rose kembali menjalin hubungan baik dengan teman-teman lamanya seperti Matt Sorum, Izzy Stradlin dan Duff McKagan, namun tidak pernah mau untuk menjalin pertemanan kembali ataupun mengadakan konser reuni bersama Slash.

10. Smashing Pumpkins
Billy Corgan pada Mei 2000 mengumumkan bahwa akhir Smashing Pumpkins sudah dekat. Bahkan, setelah lebih dari satu dekade diracuni oleh kecanduan narkoba, konflik kepribadian dan ego frontman Corgan , bassist D’arcy Wretzky dan gitaris James Iha tampaknya benar-benar lega bahwa mereka bebas untuk pergi. Billi Corgan akhirnya menjalankan band ini dan dia adalah satu-satunya original member yang masih bertahan.

SUMBER BERITA : Ultimate Classic Rock

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

2 Responses to 10 Perpecahan Band Rock Paling Terkenal di Dunia.

  1. Rendy Evo says:

    rock my world ,my power,my life,my love

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: