Wawancara Bersama Bumblefoot

Ron Bumblefoot Thal tidak hanya dikenal sebagai seorang gitaris yang bermain untuk Guns N’ Roses sejak tahun 2006, dia juga menjadi produser, dan penulis lagu.

Kejadian tragis menimpa Bumblefoot pada bulan Mei 2011 lalu saat dia mengalami kecelakaan mobil yang serius. Bumblefoot selamat dari kecelakaan itu berkat sabuk pengaman dan air bags dari mobilnya. Secara resmi dia menggunakan Twitternya untuk mengucapkan terima kasih kepada Toyota “Sabuk pengaman yang fungsional, kantong udara (air bags) dan crumple zone, semua itu menyelamatkan tengkorak saya.”   Namun Bumblefoot mengalami tantangan setelah kecelakaan itu karena dia harus melawan rasa sakit berdenyut di bahu dan lehernya ketika dia harus menggendong gitarnya. Namun dia tidak menyerah, dia bilang dia akan tetap bermain sampai dia tidak bisa melakukannya lagi.

Bumblefoot  juga merekam lagu bersama  PoC, seorang penyanyi Meksiko City  dan aktris yang telah membuka beberapa pertunjukan Guns N ‘Roses.  Saat melakukan rekaman  di studio Princeton, New Jersey, band ini mengalami beberapa kendala, termasuk Badai Irene, yang membanjiri studio, dan gempa bumi.

“Itu adalah sesuatu hal yang gila, rekaman itu secara intensif berlangsung dua bulan, paling intensif yang pernah saya alami.”  Kata Bumblefoot.
Berikut ini adalah cuplikan wawancara majalah Guitar World kepada Bumblefoot :

Anda melakukan  tur dengan Guns N ‘Roses, yang hanya salah satu dari banyak proyek Anda. Apa yang anda rasakan setelah kecelakaan itu?
Secara umum, Anda hanya berurusan dengan itu. Anda hanya melakukan apa yang Anda lakukan. Anda bermain, Anda tidur, Anda bermain lagi dan mengulangi hal yang sama.  Ini seperti tur besar. Anda mengambil dan menunjukkan diri anda dalam pertunjukan itu, Anda melakukan apa yang Anda bisa, Anda bermain  dalam beberapa pertunjukan. Tapi sekarang keadaan saya sudah benar-benar baik. Tur ini khususnya telah menjadi hal yang paling sulit yang telah saya lakukan dalam hidup  saya. Saya berada di sebuah kecelakaan mobil beberapa bulan lalu, dan saya merasakan sakit di leher saya, dan sulit untuk menggendong gitar di bahuku.  Dan ketika harus menggendong gitar Vigier double neck, rasa nyeri merembet di sekitar punggung dan bahu, saya harus minum pil anti nyeri dan minuman keras dan hal lain yang bisa mengatasi hal nyeri itu.

Apakah itu tabrakan frontal? Apakah Anda  ditabrak oleh pengemudi mabuk?
Beberapa wanita di sebuah mobil  SUV  berjalan 50 mph  di belakang mobil saya dan tidak membunyikan klakson sebagai tanda perhatian, menyalip saya lalu  Dia  berhenti di lampu merah. Aku berada di belakangnya, mobil saya menabraknya jadi dia menghancurkan saya dan mobil di depan saya. Otak saya rusak selama sekitar sebulan, saya tidak bisa berbicara benar, saya tidak dapat mengangkat lengan saya.  Saya  pergi ke terapi fisik.

Apakah Anda akan mampu untuk benar-benar pulih?

Tidak, saya tidak benar-benar pulih, dan saya mungkin atau tidak akan pernah pulih. Saya  hanya akan harus berurusan dengan itu sampai saya tidak bisa menghadapinya lagi. Itulah hidup. Apa yang akan Anda lakukan?

Anda menyebutkan bahwa Vigier double neck adalah gitar favorit anda untuk bermain, benarkah?

Ini jelas favorit saya. Anda bisa mendapatkan banyak hal yang dapat dilakukan dengan gitar itu. Saya telah menggunakan Vigier  sejak awal 2009. saya sedang bermain fretless, tetapi ketika tiba saatnya untuk memainkan lagu-lagu di pertunjukan live, saya membutuhkan cara untuk bisa memainkankan semua bagian gitar  dan melakukannya disetiap lagu. Jadi saya benar-benar membutuhkan gitar yang saya bisa beralih kembali ke bagian neck satu ke lainnya dan saya menggunakannya untuk memainkan sebagian besar  lagu  di Chinese Democracy dan memainkan semua bagian dalam lagu di album itu.

Saya  butuh lebih dari satu gitar sekaligus. Jadi itu benar-benar apa yang dibutuhkan untuk itu. Sebelum itu, saya hanya akan bermain, berharap itu hanya salah satu cara atau yang lain. Sebelum itu, saya tidak perlu memiliki gitar double neck,  Saya  membutuhkan gitar single neck  untuk beberapa lagu-lagu lama.

Ada cerita dibalik  Gibson Les Paul.  Saya tahu anda mendapatkannya  pada tahun 1989 dan Anda memainkan gitar itu di tur tahun 2006 bersama Guns N’ Roses.  Apakah itu pada dasarnya gitar itu selalu ada untuk Anda?
Satu-satunya hal yang bisa kukatakan tentang Les Paul adalah bahwa itu seperti gitar yang baik . Hal ini dapat memberi saya permainan yang benar-benar baik.

Bagaimana dengan gitar akustik Parkwood?
Selama show, saya hanya membawanya  keluar untuk lagu “Patience” .  Jika saya akan bermain akustik, gitar  itulah yang akan saya mainkan.

Bagaimana latar belakang Anda dimusik? Apakah Anda pernah belajar di sekolah musik?

Saya mempunyai  gitar pertama saya ketika  berumur  5 tahun, dan itulah yang membuat saya ingin melakukannya. Saya mulai mengambil kursus gitar ketika saya masih sekitar 7 tahun dan belajar sejumlah besar materi dari musik  jazz dan klasik.  Saya segera mulai melakukannya sendiri, membuat sebuah band bersama-sama dan rekaman, melakukan beberapa pertunjukan.

bumblefoot

BUMBLEFOOT

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

