13 Kesialan Para Rocker

13  Kesialan Para Rocker Versi Ultimate Classic Rock

Nomor 13 : Kecelakaan Pesawat Terbang Lynnyrd Skynryd

Lynyrd Skynyrd tengah menjalani lima pertunjukan dalam tur terbesar dalam karir mereka yang relatif masih muda, ketika pada 20 Oktober 1977 pesawat terbang yang mereka sewa kehabisan bahan bakar dan jatuh ke dalam hutan di Gillsburg, dan mengakibatkan tewasnya Ronnie Van Zant, Steve Gaines dan Cassie Gaines, dan personel lainnya selamat dengan luka serius. Lynyrd Skynyrd bubar setelah kecelakaan tersebut, dan sempat reuni dengan sisa personel yang ada pada tahun 1987.

Nasib buruk kembali menimpa Allen Collins, dia mengalami kecelakaan mobil yang serius pada tahun 1986 yang membuatnya lumpuh dari pinggang ke bawah dan tidak mampu ambil bagian dalam konser reuni Lynyrd Skynyrd. Dia meninggal pada 23 Januari 1990, mengalami penyakit Pneumonia kronis sebagai komplikasi dari kelumpuhan.

Pada tahun 2006 Lynyrd Skynyrd menerima penghargaan Rock And Roll Hall Of Fame.

Nomor 12 : Kecelakaan Motor Allman Brothers Band

Apakah ini kebetulan semata? Hampir tepat satu tahun setelah gitaris Allman Brothers Band Duane Allman tewas pada 29 Oktober 1971 dalam sebuah kecelakaan motor di Macon, Georgia, kemudian Bassis Berry Oakley juga tewas dalam kecelakaan yang terjadi tepat hanya beberapa blok jauhnya dari tempat kejadian tewasnya Duane Allman. Duane Allman dianggap sebagai gitaris hebat dengan kehidupan yang sangat kilat.

Nomor 11 : Kesialan Ace Frehley (KISS)

Dia telah bertahan dari kejadian sial seperti hampir tenggelam pada dua kesempatan terpisah. Salah satu kejadian terjadi di tepi kolam renang saat tur di Florida dia mabuk dan jatuh, dan diselamatkan oleh Gene Simmons.

Kemudian Ace hampir terpanggang setrum listrik setelah menyentuh pagar logam underground disaat tur tahun 1976 di Lakeland,Florida. Dia mengalami shock hebat, namun bisa sadar 30 menit kemudian dan berhasil menyelesaikan pertunjukan. Kejadian ini menginspirasi judul lagu Kiss tahun 1977 “Shock Me”.

Nomor 10 :  Tewasnya Brian Jones

Brian Jones adalah pemimpin band The Rolling Stone pada awal-awal karier band itu, dia menjabat sebagai pemimpin dan manager selama tahun-tahun awal band, namun perannya semakin berkurang seiring popularitas Mick Jagger dan Keith Richard yang kemudian mengambil kontrol lebih.

Pada bulan Juni 1969, Brian Jones mengatakan bahwa band ini akan terus Berjaya walau tanpa dirinya. Kurang dari sebulan kemudian Brian Jones ditemukan tewas tenggelam di kolam renang  pada tanggal 2 Juli 1969.

Nomor 09 : Gangguan Psikologi Syd Barrett

Salah satu pendiri Pink Floyd, Syd Barrett dikenal sebagai vokalis yang hebat sekaligus gitaris dan penulis lagu selama awal-awal karier band ini. Dia menciptakan sebagian besar materi dalam album perdana Pink Floyd, “The Piper at the Gates of Dawn,” yang menjadi album hit di Inggris.

Namun dengan penggunaan narkoba yang serius, Syd Barrett mengalami gangguan otak dan stress yang mengakibatkan gangguan psikologis. Sejak saat itu dia mulai ditinggalkan oleh teman-teman bandnya yang justru membuatnya semakin mengalami gangguan mental yang tidak pernah bisa sepenuhnya pulih.

Pada bulan April 1968 secara resmi diumumkan Pink Floyd telah berpisah dengan Syd Barrett. Ia sempat merilis dua album solo lagi sebelum pindah dengan ibunya, tinggal dengan sisa hidupnya sebagai seorang pertapa. Dia meninggal pada 2006 akibat kanker pankreas.

Nomor 08 : Pete Best Hampir Menjadi Drummer Tetap Beatles

Pete Best hampir menjadi drummer tetap The Beatles pada saat Beatles belum menemukan seorang drummer tetap pada tahun 1960 dia bermain bersama mereka. Setelah merekam demo ‘George Martin’ pada tahun 1962, produser mereka merekomendasikan bahwa Pete Best dapat digunakan untuk masa depan dan rekaman berikutnya. Namun The Beatles memutuskan lain, mereka mengambil Ringo Starr untuk posisi drum tetap mereka.

Pete Best hampir mencoba untuk bunuh diri setelah kejadian itu, namun secara bertahap dia tumbuh untuk menerima keadaan dan namanya telah tercatat dalam sejarah band terbesar sepanjang masa itu. Dia kemudian menerima royalty setelah Beatles merilis “Anthology”.

Nomor 07 :  Metallica, Kesialan Berubah Keberuntungan dan Keberuntungan Berubah Kesialan

Kadang-kadang kesialan dapat berubah menjadi keberuntung dan keberuntungan dapat berubah menjadi kesialan.  Original Bassis Metallica, Ron McGovney membuat pertengkaran hebat dengan band dan hanya menyisakan waktu yang pendek hingga dia akhirnya mundur pada tahun 1982. Yang tampak seperti kesialan bagi Metallica saat itu karena ditinggal pergi oleh bassisnya, namun mereka cepat menemukan penggantinya yaitu Cliff Burton dan kesialan itu berubah menjadi keberuntungan ketika Metallica dengan cepat meledak sebagai salah satu band underground terbesar di dunia

Namun tragisnya, keberuntungan sesaat itu kemudian berubah menjadi kesialan ketika Cliff Burton tewas pada tahun 1986 dalam kecelakaan bus di Swedia.  Kemudian McGovney akhirnya berdamai dengan Metallica dan kembali bergabung dengan mereka di panggung selama konser di San Fransisco.

Nomor 06 : Vokalis Pertama AC/DC Yang Terlupakan

AC/DC dikenal mempunyai dua vokalis yang fantastis selama karier mereka, namun apakah kalian tahu bahwa selain Bon Scott dan Brian Johnson terdapat vokalis lain yang hanya berumur pendek di AC/DC?   Dia adalah Dave Evans, Dave Evans berada dalam band tersebut tahun 1973, dan sempat merilis single ‘Can I Sit Next To You, Girl’ sebelum dia dilepaskan dari band karena perbedaan artistic dan bentrokan dengan managemen.

Nomor 05 : Tracii Guns Lead Gitar Guns N’ Roses yang Lepas Dari Target

Kalian tahu Tracii Guns? Dia adalah founding members atau pendiri utama Guns N’ Roses bersama dengan Axl Rose di tahun 1985.  Axl Rose yang saat itu dalam band Hollywood Rose bersama Izzy Stradlin bergabung dengan Tracii Guns dan kawan-kawannya dalam band LA Guns. Dan nama mereka melebur menjadi Guns N’ Roses. Namun Tracii Guns dan kawan-kawannya nampaknya tidak berumur panjang di Guns N’ Roses karena berbeda paham dengan Axl dan Izzy, mereka akhirnya keluar dari GNR dan posisinya digantikan oleh Slash, Duff, dan Steven Adler.

Tracii Guns kembali membangun LA Guns bersama teman-temannya itu yang terus bekerja keras untuk membangunnya dan tak pernah mencapai kesuksesan berarti. Dilain pihak Guns N’ Roses berubah menjadi band rock terbesar di dunia pada saat itu.

Tracii Guns

Tracii Guns

Nomor 04 : Kejadian Ganda Deff Leppard

Drummer Deff Leppard, Rick Alllen pernah mengalami patah tangan saat kecelakaan tahun 1984, namun dia saat itu masih bisa bermain drum hanya dengan satu tangan dan kedua kakinya, dan sampai saat ini dia masih menjadi drummer Deff Leppard.
Steve Clark, gitaris Deff Leppard tersebut nampaknya tidak begitu beruntung. Setelah bertahun-tahun berjuang melawan alkoholisme, ia meninggal karena overdosis obat resep dan minuman keras. Pacarnya menemukan tubuhnya di apartemen Chelsea pada Januari 1991, pagi hari setelah malamnya ia minum obat resep dokter dengan bir.

Nomor 03 : Kematian Aneh Calon-Calon Drummer Spinal Tap

Kata “keberuntungan” bahkan  hampir tidak pernah ada dalam kosakata Spinal Tap, band metal fiksi namun keras  ditampilkan dalam film tahun 1984  ‘This Is Spinal Tap’. Bagi mereka perjalanannya selalu menyedihkan, mulai dari tiket penjualan yang konstan atau tersesat saat menuju tempat konser mereka.

Namun kesialan mereka yang tragis adalah pencarian mereka terhadap drummer yang masing-masing calon drummer mereka tewas dalam keadaan aneh, mulai dari terbakar sampai tersedak di tenggorokan sampai mati. Kemudian polisi memutuskan untuk tidak melanjutkan kematian para calon drummer mereka karena misteri yang tidak terpecahkan.

Nomor 02 : Badfinger dan Nasib Buruk Mereka

Badfinger dan nasib buruk  tampaknya berjalan seiringan. Setelah mencetak empat hit berturut-turut di awal 70-an, dan bersiap untuk mendukung tur The Beatles-di Inggris, Tapi apa yang terjadi selanjutnya adalah tahun yang menurun dan kehilangan tragis, sebagai  kesepakatan dengan Apple Records dan Warner Bros jatuh gagal selain karena kesalahan penanganan oleh manajemen band. Pada satu titik, Warner Bros menolak untuk merilis album berikutnya.  Badfinger  digugat untuk mengembalikan  uang produksi yang  hilang, yang pada dasarnya membuat bangkrut band..

Para anggota Badfinger jatuh ke dalam keputusasaan yang mendalam, dan April 1975,  Pete Ham (vocal dan gitar) gantung diri di garasi rumahnya. Dia saat itu berumur  27 tahun. Badfinger bubar setelah itu, berjuang untuk reformasi selama beberapa tahun ke depan, dan sekali lagi menemukan dirinya di tengah-tengah mimpi buruk bahkan lebih ke masalah hukum. Beberapa tahun kemudian, pada November 1983, tragedi lain terjadi ketika bassis Tom Evans juga mengakhiri hidupnya sendiri, juga dengan menggantung diri.

Nomor 01 : Steve Peregrin Tewas Setelah Merayakan Uang Royalti

Kematian dari Steve Peregrin Took mungkin adalah yang paling aneh. Dia bermain gitar untuk T. Rex selama beberapa tahun di tahun 70-an, dan awal ’80-an adalah penerima cek royalti yang lama tertunda dari karyanya dengan band.

Suatu malam di bulan Oktober 1980, Took dengan uang tunai dari pembayaran terakhir royaltinya, membeli  minuman keras dan obat-obatan terlarang dengan teman sekamarnya. Keesokan paginya tubuhnya ditemukan, ia dilaporkan telah mati tercekik pada bawang koktail. Penyebab resmi kematian diperintah “mati oleh kecelakaan obat.”

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: