Catcher In The Rye

Mengapa Kontribusi Brian May Dihapus?

Lagu yang ditulis oleh Axl Rose dan Paul Tobias ini terinspirasi oleh Novel ‘The Catcher In the Rye’ karangan J.D Salinger.  Guns N’ Roses hanyalah salah satu dari sekian banyak musisi yang terinspirasi membuat lagu berdasarkan cerita dalam novel tersebut.  Yang akan dibahas disini bukan tentang novel atau arti lagunya, namun dari sisi Brian May (Queen) yang mengisi part gitar  lagu ini pada awalnya.

‘Catcher In The Rye’ pada mulanya akan dijadikan single pertama album Chinese Democracy ketika rumor album ini akan dirilis pada 10 Desember 2002. Mereka merencanakan perilisan single lagu itu pada tanggal 25 November 2002, yang meskipun lagu itu sudah bocor diinternet beberapa minggu sebelumnya.

Brian May bergabung bersama Axl Rose pada tahun 1999 untuk menggarap lagu tersebut, ketika Axl menghubunginya untuk dapat membantu GNR, Brian May tak pikir panjang karena dia sudah sangat bersahabat dengan Guns N’ Roses. GNR menurut May telah banyak menyumbang dana pada sebuah acara konser akbar mengenang Freddy Mercury pada tahun 1992 yang lalu di Wembley Stadium, London, Inggris. Konser itu adalah konser rock peduli Aids terbesar di dunia sampai saat ini, mereka datang untuk mengenang Freddy Mercury yang meninggal dunia karena Aids dan mereka datang tanpa dibayar. (bla-bla-bla…..akan dibahas pada tulisan selanjutnya….).

Brian May :  “Ketika mereka sedang membuat album, ia berbicara dengan Roy Thomas Baker (produser Queen waktu itu), untuk dapat  melakukan produksi untuk mereka pada saat itu, dan mereka datang dengan ide menghubungi saya untuk membantu mereka bekerja. aku terbang ke LA untuk bertemu dengannya dan dia memperdengarkan saya cukup banyak materi dalam seluruh album. Kami memiliki malam yang panjang, berdiskusi, berpikir, mencari tahu arah potensial, dan kemudian aku hanya punya beberapa hari saja mencoba mengerjakan semuanya.  Saya pikir saya bermain pada dua-dan-setengah trek, tetapi mereka pada akhirnya tidak  menggunakan bagian saya.. Mereka pernah menggunakan sekitar 10 gitaris untuk itu!  saya memiliki trek ini masih dalam sebuah mixing kasar  di suatu tempat di arsip saya, tapi saya tidak akan membiarkan siapa pun mendengarkan hal ini, sebagai bentuk kesetiaan kepada Axl.”

“Sangat menyenangkan, untuk menghabiskan waktu di sana untuk membantu teman.”

“Saya tidak ingat kapan saya pertama kali bertemu Axl Rose, tapi kami mengundang mereka untuk bermain dalam konser mengenang Freddy Mercury tahun 1992. Mereka melakukan pekerjaan yang fantastis, dan juga menyumbangkan banyak uang untuk Mercury Phoenix Trust. Selanjutnya setelah itu, saya dan band solo saya mendukung GN’R dalam beberapa  turnya dan kami mengerjakan itu semua dengan sangat baik. ” Ujar Brian May.

“Catcher in the Rye adalah lagu yang bagus .. Aku cukup terkejut menemukan  lagu itu di internet dalam beberapa minggu ini …. setelah sekian tahun.  Aku bertanya-tanya siapa yang membocorkan hal ini.  Ya, saya bermain gitar di sana, sebuah rekaman yang bagus dan renyah.  Aku telah terbang ke LA khusus untuk bermain dan merekam lagu dengan Axl Rose.  Aku sudah duduk di apapun yang saya miliki atau tahu tentang lagu-lagu ini sejak saat itu …. untuk menghormati Axl …. Kerahasiaan merupakan bagian dari penghormatan bagi saya.  Jadi saya akan mendengarkannya dengan ketertarikan..  Saya suka trek itu dan melakukannya … dan itu masih terdengar sangat segar … ini adalah hits  pertama dengan suara vocal yang luar biasa, suara yang luar biasa … Kami telah kehilangan itu terlalu lama (kehilangan suara Axl sejak tahun 1994, dia tidak muncul di public) . Axl is magic.”  Komentar Brian May pada tahun 2002.

Pada tahun 2002, Axl Rose mengatakan pada public bahwa mereka akan segera mendengarkan album baru GNR pada tahun itu. Saat itu (2002) kemungkinan lagu-lagu yang akan muncul dalam album Chinese Democracy adalah :

01. Catcher In The Rye
02. This I Love
03. I.R.S.
04. Oklahoma
05. There Was A Time
06. Prostitute
07. Madagascar
08. Chinese Democracy
09. The Blues

Beberapa lagu yang pernah dibawakan dalam konser seperti, Riad And The Bedouins, pada tahun 2002 dikabarkan tidak akan muncul dalam album Chinese Democracy. Namun sampai akhirnya perilisan album itu gagal terjadi pada tahun 2002, semua yang telah direncanakan sejak awal kembali gagal.

Sejak gagalnya perilisan album pada tahun 2002 tersebut, banyak anggota band yang sudah keluar dan beberapa anggota baru masuk. Tahun 2006, Ron ‘Bumblefoot’ Thal masuk dalam bagian lead gitar GNR. Dia masuk saat sebagian besar materi dalam album C.D sudah digarap. Beberapa lagu diberikan oleh Axl untuk dapat disisipi gitar olehnya.

Kontribusi Brian May Dihapus

Akhirnya ‘Chinese Democracy’ dirilis pada 23 November 2008, dan dalam BrianMay.com dituliskan bahwa bagian gitar Brian May dalam lagu ‘Catcher In The Rye’ sudah dihapus dan digantikan oleh salah satu dari gitaris GNR.
Brian May memposting di situs BrianMay.com, dia menulis “Yah, ini mungkin terasa memalukan,…saya telah menempatkan cukup banyak pekerjaan (dalam lagu tersebut), dan saya bangga dengan hal itu. Tetapi saya bisa memahami jika Axl Rose ingin memiliki sebuah album yang mencerminkan pekerjaan dari anggota band seperti sekarang.”

Wartawan banyak menanyakan kepada Axl Rose tentang alasan dirinya menghapus kontribusi Brian  May,

Pertanyaan : “Catcher In The Rye adalah salah satu lagu terbaik dalam album ini, mengapa tidak ada lagi bagian dari Brian May?”

Axl Menjawab : “Ada beberapa alasan,  Pertama, jelas saya tahu orang-orang menyukai lagu itu, tapi penghargaan untuk Brian benar-benar hanya muncul dalam kekuatan publik  setelah kami pindah di dalam Guns N’ Roses. Pada kenyataannya, tidak banyak yang nampak memperdulikan dan komentar sebagian besar  orang adalah mengapa Slash tidak berada di sini, menurut pendapat mereka dia seharusnya berada di sini.”

“Permainan solo Brian sendiri adalah favorit  pribadi saya dan saya benar-benar tidak bisa mengerti, karena dia adalah legenda rock, mengapa hal itu tidak secara terbuka dihargai lebih pada saat itu.”

“Pada kenyataannya, semua perasaan dan emosional yang dimaksud saat ini adalah bekerja dengan Sean Beavan, (salah satu produsen yang bekerja pada ‘Chinese Democracy’)  dan saat itu  saya memilih melepaskan bagian dari Brian, melepaskan versinya dan berjalan dengan versi yang berbeda, untuk memastikan kami memiliki elemen-elemen dalam satu versi.  Itu sepenuhnya dibangun dari proses editing didasarkan pada rekaman dimana Brian May mengambil bagian di dalamnya. Dan meskipun Brian tampaknya memiliki sedikit penyesalan akan hal itu, setidaknya publik juga menyesalkan hal itu, ia sayangnya tidak terlalu senang pada waktu itu dengan karya kami, aku ingat. Brian berdiri melihat ke arah kiri saya dan dia menatap speaker studio besar dan sedikit terperanjat mengatakan, ‘Tapi bukan itu yang saya mainkan. ”

“Sean Beavan dan aku tidak berusaha dengan cara apapun untuk mencoba mengacaukan hubungan dengan Brian, kami hanya melakukan apa yang kami lakukan dan kemudian mencoba dan melakukan yang terbaik untuk membela keputusan kami.”

Menulis di situs web resminya, BrianMay.com, Brian May menanggapi komentar Axl Rose sebagai berikut:  “Ini benar-benar sangat sederhana … Axl yang membuat rekaman ini, dan ia dapat melakukan apapun yang dia inginkan!  Setelah bertahun-tahun, aku masih menjadi penggemarnya.”
“Itu sudah lama berlalu,  bagi saya … saya pasti tidak ingat apa-apa tentang celaan dari setiap pekerjaan  Sean Beavan yang  telah dilakukan – saya ingat itu, saya benar-benar mengerjakan  itu dengan dia sendiri. Tentu saja, segera setelah itu, Sean mengambil proyek tersebut, meskipun saya harus mengatakan saya pikir  track tersebut secara keseluruhan terdengar bagus pada waktu itu!  Saya tidak yakin jika kami  tahu mana versi yang telah ‘bocor’ ke publik itu darimana datangnya. Dari saya sendiri masih dalam mixing yang kasar,  tapi tidak ada orang lain kecuali aku pernah mendengar tentang hal itu.. Aku menjaga ini secara pribadi , karena itulah cara profesional untukku.”

.
Permainan gitar Brian May yang renyah dan bagus pada Catcher In The Rye akhirnya digantikan oleh Bumblefoot yang sedikit memperlihatkan keahliannya dalam kecepatan jari, meskipun pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda daripada apa yang pernah dimainkan oleh Brian May namun Bumblefoot memainkannya secara lebih rumit dengan permainan jari-jari hebatnya.

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: