Dibalik Cerita Wawancara Eksklusif Bersama Axl Rose

Inside Story Eddie Trunk ,VH1 That Metal Show

Untuk pertama kalinya dalam satu dekade ini vokalis Guns N’ Roses bersedia duduk sejenak dan melakukan wawancara televisi sangat eksklusif bersama VH1 That Metal Show pada tanggal 29 Oktober 2011.  Acara yang ditayangangkan di televisi pada tanggal 11 November 2011 tersebut dipandu oleh Eddie Trunk, Jim Florentine, dan Don Jamieson.

“Mencintainya atapun membencinya, dia tetap Axl Rose.”  Ujar Eddie Trunk. “Dia selalu menemukan berbagai cara untuk membuat sesuatu lebih menarik.”

Dalam artikel ini akan ditampikan dibalik cerita Eddie Trunk saat melakukan wawancara bersama Axl Rose (yang ditemani Dj Ashba).  (dalam Majalah Spin Edisi Minggu Kedua November 2011). 


Bagaimana ceritanya Axl Rose mau melakukan wawancara di televisi untuk pertama kalinya dalam satu dekade ini?

Axl Rose terakhir kali melakukan wawancara eksklusif diradio sekitar 5 tahun yang lalu. Saat itu tahun 2006 Axl Rose melakukan wawancara selama 3 jam bersama Eddie Trunk. Tahun ini Trunk berpikir bahwa kesempatan itu pasti ada untuk Axl Rose agar mau melakukan wawancara ditelevisi. Usaha Trunk tak pernah sia-sia, Axl Rose mau melakukannya, dia didampingi oleh Dj Ashba waktu itu. Tak dapat dipungkiri lagi ini adalah wawancara eksklusif ditelevisi bersama Axl Rose setelah era New GNR. Pihak manajemen GNR bahkan memuji ketabahan dan kesabaran luar biasa dari VH1 That Metal Show, khususnya Eddie Trunk dkk, Twitter dan Facebook resmi Guns N’ Roses sebulan yang lalu memuji kesabaran luar bisa dari Eddie Trunk untuk mendapatkan kesepakatan dari Axl Rose.

Bagaimana tentang New Lineup Guns N’ Roses?

Trunk melihat bahwa sudah beberapa kali susunan personel GNR pasca era Slash sudah hilang, beberapa formasi terdahulu mungkin menjadi lebih baik, namun Trunk sangat terkagum dengan manajerial yang dilakukan Axl Rose, dia terdengar hebat. Banyak orang selalu bertanya, “Apakah ini bisa disebut sebagai Guns N’ Roses yang asli?”  Tidak ada band yang akan menjadi lebih baik seperti apa yang pernah dilakukan bersama para personel asli.  Yang bahkan orang-orang tak pernah meluangkan waktunya untuk sekedar berpikir bahwa ini adalah sebuah proses yang panjang untuk tetap menjalankan band ini, orang-orang baru mungkin bisa tetap membuat band ini hidup daripada membiarkannya mati.  Mereka bisa bermain lagu-lagu lama dengan sangat istimewa, menciptakan materi baru, semua personel bisa bermain solo dan ini membuat semua personelnya punya kesempatan yang sama untuk bisa bersinar.

Mengapa wawancara ini dimulai dengan sangat terlambat?

Sebelum melakukan wawancara, Trunk bertanya pada Axl Rose tentang kebiasaannya terlambat dalam suatu hal, Axl menjawab bahwa semua tergantung pada segala sesuatunya yang dianggap telah benar dan sempurna dan kemudian setelah itu baru dia bisa memutuskan untuk pergi melakukannya. Axl membuat lelucon bahwa kebiasaan terlambat sudah mengganggunya sejak ia masih kecil.  Jadi karena dia terlambat Trunk tidak yakin kalau Axl Rose akan mampu bertahan untuk wawancara selama 3 jam, waktu sudah menunjukkan pukul 5:30 pagi saat wawancara dimulai, padahal Trunk menunggunya sejak pukul 4 pagi. Trunk melakukan wawancara beberapa jam setelah GNR merampungkan shownya di Miami pada malam harinya. Namun Axl datang dengan muka cerah, tidak memperlihatkan rasa capek dalam wajahnya, dia didampingi oleh Dj Ashba yang duduk setia menemaninya. Axl sempat mengeluhkan ruangan wawancara yang terlalu dingin dan meminta AC untuk dikecilkan, dia sangat bertanggung jawab untuk selalu menjaga kualitas suaranya. Dia mengambil banyak tindakan pencegahan untuk menjaga suaranya.

 

Bagaimana sikap Axl ketika wawancara?

Ketika Axl memasuki ruangan, dia sudah tahu dan mengenal Eddie Trunk  namun dia belum kenal dengan co-host teman-teman Trunk yang lain. Axl Rose sungguh luar biasa, tidak sampai 5 menit memulai pembicaraan dia sudah bisa membuat semua orang di ruangan itu tertawa. Dia sangat longgar dan menyenangkan sehingga Trunk dan kawan-kawan tidak menghakiminya tentang keterlambatannya.

Apakah ada topic yang tidak boleh didiskusikan dalam acara ini?

Hanya satu yang Axl tidak berkeinginan untuk didiskusikan secara lebih lanjut, yaitu tentang masalah reuni dengan original line-up. Dia hanya mau berdiskusi panjang mengenai band ini, line-up masa ini.  Trunk dan teman-temannya berusaha memunculkan ide pertanyaan yang sedikit akan menyerempet ke masalah reuni, misalnya tentang masalah Rock N’ Roll Hall Of Fame 2012, namun Axl Rose saat itu tidak menjelaskan secara spesifik tentang reuni, dia hanya menjawab,

“I don’t know what it means in terms of me with the old band and the old lineup. If we were to be invited, I don’t know what they would ask of me. It’s up in the air.” (“Saya tidak tahu apa maksudnya ini, saya dengan band lama dan formasi lama. Jika kami diundang bersama-sama, aku tidak tahu apa yang mereka harapkan dariku. Ini semua masih mengawang-awang”).

Ini sebenarnya menyimpang daripada tujuan utama wawancara ini.  Axl Rose hanya merasa ini tidak akan sopan dibicarakan karena Axl  sangat respect dengan para personel GNR sekarang. Tapi Trunk dan teman-temannya banyak melakukan wawancara tentang masa lalu kehidupan band dan para personelnya jaman dulu.

Jadi Axl Rose sangat puas atas line-up barunya?

Yah,  Axl Rose sangat kagum dengan kemampuan individual para personelnya, dan konser di Benua Amerika yang akan berakhir pada Desember ini memiliki arti sangat penting untuk dirinya dan band. Ini sangat penting untuk melihat para fans bersenang-senang bersama mereka dan yang paling penting adalah penghargaan para fans yang menghargai perjuangan Axl Rose untuk mempertahankan band ini. ya, band ini terasa sangat penting untuk Axl Rose. Dia menunjukkan bahwa setiap anggota band bisa melakukan aksi solo. Axl berkata, “Jika ini hanyalah sebuah pertunjukan Axl Rose, dan saya tidak mengkhawatirkan tentang promosi band, maka saya tidak akan memberikan kesempatan kepada 3 pemain gitar untuk menjadi sorotan public.”   (Axl Rose selalu memberi kesempatan ketiga pemain gitarnya untuk melakukan aksi solo).   Axl menambahkan, “Ini sangat penting bagi saya agar orang-orang melihat ini adalah sebuah band.”

Apakah line-up baru ini akan merilis album baru dan segera melakukan tur lebih sering?

Trunk melihat bahwa itu benar. Axl mengatakan bahwa dia ingin GNR menjadi lebih aktif. Dia merasa nyaman dengan kerjasama tim dalam band. Dia punya manager baru, para personel GNR pernah mengatakan bahwa mereka memiliki banyak materi lagu, ini hanya masalah waktu untuk memasuki studio dan mengasah lagu-lagu mereka.

Axl mengatakan bahwa Duff McKagan dan band akan segera mengisi opening dalam konser GNR beberapa waktu mendatang.

Ya, benar sekali. Ketika Trunk menanyakan tentang penampilan bersama Duff pada tahun lalu di Inggris, Axl dengan sukarela mengiyakan bahwa informasi tentang hadirnya Duff dalam beberapa konser mendatang adalah benar.

Axl dan mantan managernya, Irving Azoff, telah melakukan gugatan satu sama lain. Apakah hal ini dibahas dalam wawancara?

Trunk dan kawan-kawan tidak terlalu banyak membahas tentang masalah bisnis band ini. Namun tanpa menyebutkan sebuah nama, Axl Rose mengungkapkan bahwa manager, agen dan promotor dalam beberapa waktu terakhir ini lebih responsive dan lebih bertanggung jawab.

Guns N’ Roses telah dinominasikan untuk Rock N’ Roll Hall of Fame 2012. Bagaimana pembahasan mengenai hal ini? Siapa diantara para personel original line-up yang akan maju menerima penghargaan tersebut?

Axl mengatakan bahwa itu suatu kehormatan bagi GNR untuk bisa dinominasikan. Axl adalah penggemar Elton John dan dia merasa bahwa suatu kehormatan besar bagi dirinya bisa melantik Elton John pada RnR Hall of Fame beberapa tahun lalu. Jadi sepertinya Axl berpikir bahwa apa yang baik menurut Elton John akan baik buat dirinya juga. Namun rasanya terlalu dini untuk membahas hal tersebut. Pertama kali kita harus melihat apakah GNR akan masuk pada penghargaan tersebut, kemudian kita akan melihat kejadiannya di panggung.  Trunk pernah berbicara dengan Slash tentang masalah ini, Trunk dan Slash sudah berteman sejak lama, dan Slash pada dasarnya merasa bahwa jika mereka masuk ke RnR Hall Of Fame, maka mereka akan melihat siapa yang muncul dan siapa yang tidak, tentang siapapun yang akan muncul di panggung nantinya. Slash mengingat kejadian saat Van Halen pernah menerima penghargaan itu dan dua orang anggota band yang berseteru, Sammy Hagar dan Michael Anthony naik  ke atas panggung dan menerima penghargaan.  Jadi Trunk sudah tahu bahwa Slash berusaha ingin menghindari suasana canggung ketika  kejadian seperti itu terjadi bersama Axl Rose.

Apakah Trunk berpikir bahwa perseteruan antara Slash dan Axl Rose bisa diperbaiki?

“Ya, saya percaya itu. Saya bertemu Slash beberapa hari yang lalu di Los Angeles, dimana pada saat itu saya memberikan penghargaan untuk Yayasan Kanker Ronnie James Dio’s dan  Kami berbicara sedikit.”  Ujar Trunk. Slash tahu bahwa Trunk beberapa hari sebelumnya telah melakukan wawancara bersama Axl, kemudian Slash bertanya pada Trunk tentang Axl dan bagaimana keadaannya. Trunk mengatakan pada Slash bahwa dalam wawancara kemarin Axl menyebut tentang dirinya, namun tidak ada hal negative yang dibicarakan tentangnya. Kemudian  Slash berkata, “Ya, kami sudah benar-benar telah cukup keren belakangan ini.”   Slash adalah seseorang yang sangat easy going. Selain Slash, Axl telah menjalin kembali pertemanan yang keren dengan anggota original line-up. Gilby pernah bermain dengannya,  Izzy Stradlin telah bermain bersama Axl beberapa kali, Duff pernah bermain sekali dengannya, Axl saat ini juga tidak mempunyai masalah apapun dengan kedua drummer.

Namun kedua orang ini menyatakan komitmen kuatnya untuk karir yang mereka jalani sekarang.  Axl telah bahagia dengan line-up yang sekarang, dan Trunk telah mendengar proyek solo Slash yang terdengar begitu istimewa yang akan dirilis tahun depan.  Ini sangat mengagumkan ketika banyak media yang justru lebih banyak berbicara tentang hubungan mereka berdua bahkan mereka sendiri tidak pernah berpikir sebanyak itu.

There Was A Time, 11-12-11

GNR tembus angka 13 Juta pengikut Di Facebook

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

8 Responses to Dibalik Cerita Wawancara Eksklusif Bersama Axl Rose

  1. Ping-balik: Guns N’ Roses Telah Mencapai 13 Juta Pengikut di Facebook « Pijarpatricia's Weblog

  2. agus riyanto says:

    Axl memang terkesan selalu misterius ya

  3. axl says:

    Axl Vs Slash, jadi keinget pernyataan Slash : orang2 pd ribut dan setan memanfaatkannya….(pasca UYI I & II) skrng slash bilang hub dg axl sangat keren, itu artinya mrk udh sama2 mapan en happy dg line up masing2, kok iya masih diributkan soal reuni pasti itu hal yg sangat menakutkan (terutama bagi axl, yg gw liat axl sangat menghormati teman2nya di Chidem. Kliatan bener klo Axl punya chemistry yg luar biasa bagus dg mrk) So, hai para fans GN’R, berhentilah meminta lebih pada Axl & Slash!!! Biarkan mrk bahagia & bebas berkarya….

  4. dani says:

    Mending axl bertahan di chinese line-up alias new gnr, dengan darah segar spt dj asba lebih berpotensi bertahan ke depan..selera musik berubah, appetite kalo keluar dijmn skrg, terasa jadul dan emg jamannya udah berubah dan new gnr sangat pas di era sekarang musiknya dll cm kurang saatu lebih baik axl masuk Islam

    • pijarpatricia says:

      ya, jarang sekali ada orang atau fans berpikir out side the box seperti kamu. Aku setuju…,Slash sudah tdk bisa dipaksakan kerjasama dengan Axl. Axl berpikiran bahwa musik itu berkembang terus…….

      Ya…..semoga ada Hidayah Islam untuk mereka.

  5. dean axel ariestaufan says:

    Yup, axl tidak pernah seenjoy dan begitu menikmati bermain dgn anggota GNR yg sekarang… buat fans seperti saya itu sudah lebih dari cukup

  6. Manzionedejava says:

    Setuju… Mas bro. Mudah2n hidayah Islam datang pda mereka. Juga suatu saat nanti bisa reuni lagi kayak Black Sabbath, skrng reuni lagi biarpun udah pada tua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: