Don’t Cry in November Rain

November Rain

November rain adalah lagu yang ditulis oleh Axl sejak dia berumur 17 tahun. “November Rain” adalah lagu yang teramat sangat pribadi mengenai Axl Rose. Lagu tersebut didasarkan pada cerita pendek karangan Del James, “Without You” yang telah menjadi latar selama bertahun-tahun, tetapi menjadi balada sentimental yang amat lembut dan paling efektif yang diciptakan oleh Axl. Karenanya Axl menganggap bahwa lagu ini adalah lagu terpenting dari semua lagu di Use Your Illusion, sehingga dia memperingatkan bahwa jika lagu tesebut tidak direkam secara benar-benar memuaskannya, maka dia akan keluar dari bisnis musik. Axl juga menyuruh Slash untuk membuat melodi gitar yang bisa “dikenang sepanjang jaman”, Slash menjawab semua itu dengan melodi gitar yang sangat brilian.

“So if you want to love me then darlin’ don’t refrain”  (Jadi jika kau ingin mencintaiku maka sayang janganlah menahan diri). Hal ini merupakan pengakuan bahwa dia membutuhkan cinta sebesar semua orang dan dia merasa bersama (dengan Stephanie, subyek lagu tersebut).

“November Rain sudah disiapkan sejak  Appetite For Destruction  tapi karena kami sudah memiliki ‘Sweet Child O’ Mine’  sebagian besar dari kami sepakat bahwa kami  tidak perlu balada lain.  Selain itu, demo asli lagu itu panjangnya delapan belas menit  dan tidak satupun dari kami peduli untuk menaklukkannya di studio pada titik tersebut. Axl telah  bermain-main dengan lagu itu selama bertahun-tahun, setiap kali ada sebuah piano hadir dia sering memainkannya. Axl yang telah terganggu ketika Tom Zutaut menyarankan agar kita tahan sampai album berikutnya, karena lagu itu sangat berarti baginya. Dia membiarkannya lagu itu untuk ditunda, meskipun ia membenci bahwa keputusan selama bertahun-tahun itu.”   Ujar Slash dalam AutoBiografinya.

Walaupun lagu ini telah tercipta jauh hari sebelum Axl menjalin hubungan dengan Stephanie Seymor, namun tampaknya kali ini lagu ini sangat khusus mendalam berarti terhadap cerita Axl dan Stephanie.  Jika dalam Appetite For Destruction lagu yang terpenting (bagi Axl) saat itu adalah Sweet Child O’Mine yang banyak bercerita tentang (mantan) istrinya Erin Everly Rose, maka kali ini dalam Use Your Illusion November Rain adalah lagu yang teramat sangat mendalam bagi Axl.

PROFIL STEPHANIE SEYMOUR

Tinggi                         :  1,75 cm

Tanggal Lahir           :  23 Juli 1968

Tempat Lahir            :  San Diego, California, AS

Pekerjaan                   :  Super Model, IMC Agency

Telah Menikah dengan         :  Tommy Andrews  (1989-1990)

Peter Brant  (1994-skrg)

Hubungan-hubungan Romantis:  Warren Beatty, Axl Rose, John Casablancas

Anak               :  Dylan Thomas Andrews (1990), Peter Brant Jr (1993), Harry Brant (1997)

Don’t Cry

Lagu “Don’t Cry” adalah lagu pertama yang pernah ditulis di Guns N’ Roses. Lagu itu ditulis oleh Axl dan Izzy Stradlin serta memperlihatkan kematangan awal band tersebut. Instrumentasi  dan produksi yang berlebih-lebihan memberikan Axl kesempatan untuk benar-benar menyadari berbagai ambisinya bagi lagu tersebut, terbukti dalam pertunjukan-pertunjukan awal yang dimainkan band tersebut untuk lagu ini (1986).

Don’t Cry adalah satu contoh lagu yang sempurna, lagu itu pertama kali muncul pada tape demo GNR di tahun 1986. Lagu itu juga merupakan lagu live favorit yang menyebabkan reaksi yang berbeda di antara para penonton ketika band tersebut meredam emosinya untuk mengimbangi hentakan-hentakan keras dari lagu-lagu seperti It’s So Easy dan Welcome To The Jungle. Pada akhirnya ada tiga versi “Don’t Cry” yaitu, demo asli, versi yang sudah jadi, dan adaptasi yang menampilkan lirik alternative.

Video Klip Don’t Cry dibuat pada sekitar akhir tahun 1991 setelah Izzy Stradlin menyatakan ingin keluar dari band namun belum secara resmi keluar dari band.  Perseteruan antara Izzy dan Axl kembali terbakar ketika Izzy secara diam-diam diduga melakukan proses pengambilan film dengan band tersebut untuk video klip Don’t Cry. Nyatanya dugaan itu tak terbukti, dan Izzy Stradlin benar-benar tak ada dalam video klip Don’t Cry. Satu hal yang teramat sangat menarik dari video klip Don’t Cry versi original adalah adanya sebuah poster di punggung Dizzy Reed yang hanya berputar-putar di lokasi itu, poster itu bertuliskan “Where’s Izzy ??”.

(Gilby Clarke belum resmi menjadi anggota GNR ketika Video Klip itu dibuat, jadi dia tak ada dalam video klip tsb)

Catatan :

Tom Zutaut dikenal sebagai salah satu dari top A & R perwakilan di Hollywood dan bertanggung jawab untuk menemukan beberapa band rock n’ roll paling sukses di tahun 80-an dan 90-an. Dia meluncurkan karir  Motley Crue dan Dokken saat bekerja di Elektra Record dan ia disewa oleh Geffen Record  untuk membawa hal besar berikutnya. Dia mempelajari  tentang Guns N ‘Roses dari tip oleh seorang teman yang bekerja di sebuah toko kaset di Hollywood disebut Fetish Vinyl. Dia menyaksikan hiruk-pikuk pertunjukan live  Guns N’ Roses  dan setelah pertemuan dengan Axl, ia yakin bahwa ia melihat masa depan rock n roll pada band tersebut. Dia menandatangani band untuk Geffen Record. Melalui dedikasinya untuk band, kecintaannya pada musik dan visi untuk mengantar band rock terbesar “Sejak The Rolling Stone atau The Who”, Tom berhasil untuk merekam “Appetite For Destruction”. Keberhasilan album ini karena sebagian besar, untuk upaya Tom dan komitmennya.

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

2 Responses to Don’t Cry in November Rain

  1. Ping-balik: Kami Suka Guns N’ Roses « Pijarpatricia's Weblog

  2. Ping-balik: 10 Video Klip Terbaik Ditahun 1991 Versi Majalah SPIN « Pijarpatricia's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: