Para Gitaris yang Pernah Bekerja Dengan Axl Rose (Guns N’ Roses)

Tracii Guns (1985)

Siapakah dia? Seorang berambut gondrong ala LA jaman 1980an, dia adalah salah satu pendiri Guns N’ Roses.

Hari-hari yang dikenang : Tracii Guns adalah lead guitar original GNR dan mengklaim telah menulis banyak riff yang kemudian dibuat terkenal oleh Slash. Ia keluar dan digantikan oleh Slash pada 1985, Slash dan Tracii Guns adalah musuh bebuyutan sejak jaman mereka masih bermain band masa sekolah.

Komentar Tracii untuk Axl : “Dia adalah orang bego dan dia akan selalu menjadi orang bego. Berakhirlah cerita kami.”

 

Izzy Stradlin (1985-1991)

Siapakah dia? Dia dikenal sebagai anggota yang lebih diam, meskipun dia juga pernah dilaporkan ke polisi gara-gara kencing di pesawat. Dia juga salah satu pendiri Guns N’ Roses, dikenal juga sebagai hits maker bersama Axl Rose.

Hari-hari yang dikenang : dia meninggalkan GNR pada 1991 setelah bertengkar dengan Axl Rose dan setelah Axl memaksanya untuk menerima pemotongan gaji.

Komentar Izzy untuk Axl : “Axl selalu ingin melakukan sesuai dengan jalannya, sesuai kemauannya dan semua sesuai dengan waktunya.”

 

Slash  (1985-1996)

Siapakah dia? Dia adalah anak kelahiran Inggris, berasal dari keluarga Rock N’ Roll. Pernah ditolak masuk band Poison gara-gara tidak lolos seleksi wajah. Slash adalah gitaris paling terkenal untuk Guns N’ Roses.

Hari yang dikenang : Tahun 1996 dia keluar dari GNR setelah sebelumnya bertengkar dengan Axl Rose.

Komentar Slash untuk Axl : “Dia vokalis hebat, bisa merubah warna vocal hingga 3 kali dalam satu lagu.”

 

Gilby Clarke  (1991-1994)

Siapakah dia? Dia adalah gitaris dengan gaya glam rock 1980an, meninggalkan Cindy Band untuk bergabung dengan GNR menggantikan Izzy Stradlin.

Hari yang dikenang : Menjadi Rhtym gitar GNR pada tahun 1992 sampai 1994. Dia dipecat Axl Rose karena lebih memilih Paul Huge Tobias yang lebih pandai menulis lagu.

Komentar Gilby untuk Axl : “Saya tidak akan banyak berbicara tentang Axl lebih jauh lagi.”

 

Brian May  (1999)

Siapakah dia? Brian May adalah gitaris legenda dari band Queen yang bubar setelah Freddy Mercury tewas.

Hari yang dikenang : Pada tahun 1999 Brian May membantu Axl Rose untuk menggarap lagu ‘Catcher In The Rye’ dan mengisi part solo gitar pada lagu tersebut. Meski pada akhirnya part solo itu dihapus dan digantikan oleh Bumblefoot.

Komentar Brian May untuk Axl : “Dia adalah orang yang teliti, tidak selalu mudah untuk kerja sama dengannya.”

 

Zakk Wylde  (1995)

Siapakah dia? Zakk Wylde adalah pemain gitar untuk Ozzy Osbourne band yang dikenal sebagai Black Label Society.

Hari yang dikenang : dia pernah ngejam dengan GNR pada tahun 1995. Dia meninggalkan band itu setelah tidak pernah mendapatkan kepastian tentangnya.

Komentar Zakk untuk Axl : “Saya melihat Axl tidak begitu lama, lalu saya memutuskan untuk keluar dari sini.” (komen ini pada saat Zakk meninggalkan GNR).

 

Paul Huge Tobias  (1994-2002)

Siapakah dia? Dia adalah salah satu teman masa kecil Axl Rose. Dia disebut “Yoko Ono di Guns N’ Roses” oleh Matt Sorum.  (ingat perpecahan The Beatles gara-gara istri John Lennon bernama Yoko Ono). Paul Huge Tobias adalah Yoko Ono Guns N’ Roses karena telah menyebabkan kemarahan Slash yang berujung pada keluarnya Slash pada tahun 1996.

Hari yang diingat : mengganti Gilby pada tahun 1994. Slash tidak menginginkan dia berada dalam band. Paul Tobias bertahan di GNR sampai tahun 2002.

Komentar Tobias untuk Axl : “Kami akan selalu berteman.”

 

Robin Finck  (1997-1999 ; 2000-2008)

Siapakah dia? Robin Finck adalah gitaris Nine Inch Nails, bergabung dengan Axl Rose untuk menggantikan Slash.

Hari yang dikenang : dia menjadi pengganti Slash pada 1997 sampai 1999, tahun 2000 dia masuk lagi ke GNR. Tahun 2008 dia resmi keluar dari GNR untuk selamanya. Lagu ciptaan Robin Finck bersama Axl Rose yang paling terkenal adalah “Better”.

Komentar Robin untuk Axl : “Saya akan meragukan album ini akan keluar dalam waktu dekat.”  (komen ini sebelum C.D rilis, dan dia keluar sebelum CD rilis).

 

Dave Navarro  (1999)

Siapakah dia? Dia adalah mantan personel Red Hot Chili Peppers dan sekarang personel Jane’s Addiction, dia adalah seorang gitaris yang luar biasa pernah bermain bersama band-band besar seperti GNR, RHCP, SoundGarden,Nine Inch Nails dan bermain untuk penyanyi-penyanyi terkenal seperti Marilyn Manson, Tommy Lee dan lain-lain. Dia hampir menjadi pengganti Izzy Stradlin pada tahun 1991.

Hari yang dikenang : Memainkan bagian solo gitar pada lagu ‘Oh My God’ dari Soundtrack film ‘End Of Days’ pada tahun 1999.

Komentar Dave untuk Axl : “Ini hanya pekerjaan yang tidak selesai.”  (saat setelah rekaman Oh My God).

 

Buckethead (2000-2004)

Siapakah dia? Bernama asli Brian Carrol, adalah satu-satunya gitaris GNR yang paling misterius, yang memakai topeng dan helm KFC. Mengeluarkan puluhan album solo gitar dan pandai menari break dance. Buckethead mampu memberikan kepuasan terhadap para fans GNR, tak heran jika dia dijuluki “titisan kedua” Guns N’ Roses (setelah Slash).  Namun karena dia adalah orang yang tertutup, jarang berkomunikasi dengan anggota lain menyulitkan komunikasi diantara mereka. Axl Rose tetap membela Buckethead ketika Dr.Peppers mengecam Slash dan Buckethead yang menurutnya adalah gitaris hebat yang meninggalkan GNR begitu saja.

Hari yang dikenang : Bergabung tahun 2000 dan meninggalkan GNR pada tahun 2004. Dia banyak membantu Axl dalam menciptakan lagu-lagu dan melodi-melodi dalam Chinese Democracy.  Axl Rose tidak habis pikir bahwa Buckethead keluar dari “kandang ayam” yang bau busuk itu dengan hasil melodi solo gitar yang sempurna.

Komentar Buckethead untuk Axl : (dia tidak pernah berbicara di media, maka tdk pernah ada komentar).

 

Richard Fortus (2002-sekarang)

Siapakah dia? Richard Fortus hampir mengisi lead gitar GNR pada tahun 2000 yang akhirnya jatuh pada Buckethead. pada tahun 2002 dia masuk menjadi gitaris pengganti Paul Tobias. Richard Fortus pada tahun 2011 juga pernah bermain untuk band Thin Lizzy selama beberapa turnya. Meskipun di GNR dia lebih banyak bermain Rhytm, dia juga bisa bermain melodi untuk lagu-lagu tertentu.

Komentar Axl Rose untuk Richard Fortus : “Dia seorang lead gitar yang menakjubkan dengan teknik yang luar biasa.”

 

Bumblefoot  (2006-sekarang)

Siapakah dia, dia adalah gitaris hebat dengan kecepatan jari yang menyamai Buckethead. Maka sebab itu Axl mengambilnya untuk menggantikan posisi Buckethead.

Hari yang dikenang : Bergabung tahun 2006, 2 tahun setelah GNR kehilangan Buckethead. Joe Satriani mengirim email ke Axl untuk mengambil Bumblefoot ke GNR.

Komentar Bumblefoot untuk Axl : “Saya akan selalu ada waktu untuk GNR”

 

Dj Ashba  (2009-sekarang)

Siapakah dia? Dia adalah gitaris yang beruntung, dia adalah fans GNR dan Motley Crue, dan sangat beruntung bisa satu band dengan musisi pujaannya, yaitu Nikki Sixx (Motley Crue, Sixx A.M) dan Axl Rose (GNR). Dia juga gitaris Sixx A.M  band yang digawangi oleh Nikki Sixx.

Hari yang dikenang : Dia bergabung tahun 2009, beberapa bulan setelah Chinese Democracy rilis.

Komentar Dj Ashba untuk Axl Rose : “Dia memperlakukan saya seperti emas.”

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

2 Responses to Para Gitaris yang Pernah Bekerja Dengan Axl Rose (Guns N’ Roses)

  1. Ping-balik: Kami Suka Guns N’ Roses « Pijarpatricia's Weblog

  2. Ping-balik: Happy 50th Birthday Axl Rose « Pijarpatricia's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: