Kejadian-Kejadian Bersejarah Use Your Illusion Tour

Use Your Illusion Tour adalah sebuah konser keliling dunia yang mencatatkan rekor untuk konser album terlama  dan terbanyak penampilannya di dunia. Meskipun saat ini rekor dunia dipecahkan lagi oleh Guns N’ Roses sendiri dengan Chinese Democracy Tour yang dimulai pada 1 Januari 2001 dan belum selesai sampai saat ini, namun Use Your Illusion Tour yang dimulai pada 20 Januari 1991 sampai 17 Juli 1993 ternyata menghadirkan sesuatu yang lebih fantastis, setidaknya inilah saat ketika GNR mulai tenar di dunia dengan julukan “The Most Dangerous Band In The World”.

Selama 28 bulan mereka menaklukkan dunia dengan penampilan-penampilannya yang tercatat telah ditonton lebih dari tujuh juta orang dengan 192 penampilan di 27 negara. Mereka tidak hanya membawa penyanyi latar perempuan, pemain seksofon, dan pemain keyboard tambahan, tetapi  juga membawa tukang pijat professional, seorang pelatih vocal, seorang seniman tato dan orang-orang yang membersihkan panggung. Setiap orang dari mereka memiliki sopir dan pengawal (bodyguard).

Hal ini berbanding terbalik ketika Guns N’ Roses mengadakan konser Apettite For Destruction, dimana menurut Duff dalam autobiografi terbarunya bahwa dalam konser AFD, GNR berusaha melakukan pengiritan semaksimal mungkin. Hanya beberapa kru yang dibawa, tidak ada pesawat jet pribadi, tidak penyanyi latar dan tidak ada pemain band tambahan, semua itu menurut Duff demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Namun dengan kesuksesan AFD, Geffen sangat percaya kepada GNR bahwa double album Use Your Illusion akan menjadi album terbesar saat itu. GNR bisa membawa lebih dari 100 kru,  menggunakan pesawat jet pribadi Guns N’ Roses, 150 ton peralatan, 250.000 watt listrik, 11 truk container dan truk-truk besar. Saat itu Geffen menganggap GNR sebagai “anak emas” pendulang kekayaan luar biasa, bahkan Nirvana saat itu agak terabaikan, album baru “Nevermind” Nirvana rilis satu minggu setelah rilisnya Use Your Illusion. Nirvana baru mencapai sukses setelah beberapa bulan perilisan album, sedangkan GNR bisa leluasa mengadakan promo double album terbarunya hingga mencapai peringkat pertama dan kedua album terlaris di dunia hanya dalam beberapa minggu.

Konser Use Your Illusion beberapa kali dibuka  dan didukung oleh beberapa band rock besar di dunia seperti : Soundgarden, Faith No More, Skid Row, Smashing Pumpkins, Blind Melon, Brian May dan Nine Inch Nails.

Namun yang tidak pernah dilupakan dalam rangkaian konser Use Your Illusion adalah berbagai kejadian drama teatrikal yang sangat bersejarah, seperti beberapa kejadian berikut ini :

  1. Kerusuhan di St.Louis, 2 Juli 1991.

Axl Rose turun tangan ketika ada segerombolan geng motor besar meringsek ke depan menerobos barisan-barisan penonton sebelumnya, Axl sudah memperingatkan security ketika Slash bermain solo gitar God Father Theme Song, namun karena sejumlah security berbadan besar itu juga teman dari anggota-anggota geng motor tersebut maka security tidak mengindahkan perintah Axl. Saat lagu Rocket Queens, salah satu anggota geng motor malah mengayun-ayunkan kamera tepat di depan Axl Rose, Axl marah dan menubruk orang itu…..dia kembali ke panggung dan berkata, “Well, thanks to the lame-ass security, I’m going home!”

Dampak dari kerusuhan ini adalah kerusakan luar biasa peralatan musik GNR seperti piano Axl, Sound Sistem, drum milik Matt Sorum dan beberapa peralatan lain yang diambil penonton untuk dibawa pulang sebagai “souvenir”. 60 penonton terluka dan dibawa ke rumah sakit, 15 penonton ditangkap polisi dan Axl Rose ditangkap polisi kemudian hari dengan tuduhan sebagai “dalang” kerusuhan.

 

2.   Axl Rose, Sebagai Bintang Rock Terburuk Sepanjang Sejarah

Axl Rose adalah seseorang yang sangat berbakat dalam menulis lagu dan lirik, namun masalahnya dia adalah orang yang memiliki egoisme sangat besar. Egoisme besar ini pula yang secara perlahan menyingkirkan teman kreatifnya di Band seperti Izzy Stradlin. Beberapa tur Use Your Illusion dibatalkan dan banyak diantaranya yang terlambat selama berjam-jam. Beberapa konser berakhir rusuh, Axl Rose marah, membanting mic dan mengehntikan konser ditengah-tengah merupakan hal yang biasa terjadi waktu itu.

 

3.  Perseteruan dengan Metallica

Pada tahun 1992 di Montreal, Kanada, Metallica dan Guns N’ Roses akan mengadakan konser dalam satu panggung. Metallica saat itu sedang promo album terbarunya ‘Black Album’, Metallica naik panggung terlebih dahulu namun penampilan mereka terhenti di tengah-tengah karena tangan James Hetfield terkena percikan kembang api dan melepuh, gitaris Metallica itu pun dibawa ke Rumah Sakit dan karena panggung kosong, pihak managemen menyuruh GNR untuk dapat tampil dengan waktu yang lebih awal dari jadwal seharusnya. Axl Rose menolak naik panggung, dan GNR tak jadi manggung juga.

Perilaku Axl yang masih bermusuhan dengan Metallica ini kemudian menimbulkan kerusuhan, penonton turun ke jalan-jalan dan membakar mobil-mobil.

 

  4.  Akhir Dari Era Izzy Stradlin

Teman kreatif Axl Rose di Guns N’ Roses , Izzy Stradlin,  menyatakan keluar dari band pada tanggal  7 November 1991. Konser di Wembley, London pada Agustus 1991 adalah konser terakhir Izzy Stradlin sebagai anggota Guns N’ Roses.

Tak dapat disangkal oleh siapapun bahwa Izzy Stradlin  adalah  teman terkreatif Axl Rose, dia bersama Axl Rose berperan sangat besar pada lagu-lagu hits Guns N’ Roses. Dia juga yang menjadikan kimia (chemistry) permainan musik kelima anggota begitu pas dan berperan penting pada “keabadian” album Appetite For Destruction, faktanya hanya ada dua lagu yang tidak mencantumkan Izzy Stradlin sebagai co-written.   (Triple M, 2010).

Link Eksternal ke :

http://www.triplem.com.au/sydney/music/news/blog/use-your-illusion-tour-craziest-moments-ever/20100524-8le8.html

http://gnrdaily.com/news_detail.asp?id=2525

https://pijarpatricia.wordpress.com/2011/10/02/duff-mckagan-dan-diantara-tepian-jurang-kematian/

https://pijarpatricia.wordpress.com/2011/09/23/20-tahun-%E2%80%9Cnevermind%E2%80%9D-nirvana/

https://pijarpatricia.wordpress.com/2011/09/16/20-tahun-use-your-illusion/

https://pijarpatricia.wordpress.com/2011/07/23/kerusuhan-st-louis-1991-riverport-riot-guns-n%E2%80%99-roses-july-1991/

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: