CERITA LUCU DARI MANTAN PERAMPOK


(Dari catatan Facebook Adityo Kusnadi tanggal, 21 September 2010)

Perampokan Bank CIMB Niaga pada 18 Agustus 2010 telah terungkap. 19 September 2010 Detasemen 88 Antiteror memastikan telah menangkap 18 dari 33 anggota jaringan teroris internasional di Medan dan tiga di antaranya tewas. Komplotan inilah yang diduga melakukan berbagai perampokan disejumlah bank di Medan, salah satunya di CIMB Niaga dan membunuh satu anggota Brimob Polda Sumut, Brigadir Immanuel Simanjuntak. Polisi dan Detasemen 88 Antiteror terbantukan dengan adanya foto-foto dan video CCTV dari perampokan di Bank CIMB Niaga Medan.

Sebelumnya Medan beberapa kali terjadi perampokan bank yang diduga dilakukan oleh komplotan pelaku yang sama antara lain terjadi di Bank Sumut, 30 April 2010 ,(Rp 600 juta) ; BRI, 13 Juni 2010, (Rp 67 juta) ; Kantor Penukaran Uang di Belawan, 13 Juli 2010, (Rp 97 juta) dan Bank CIMB Niaga, 18 Agustus 2010, (sekitar Rp 360 juta). (Kompas, Selasa, 21 September 2010).  Berbagai perampokan bersenjata di Medan belakangan ini membuat masyarakat resah akan keamanan dan keselamatan diri mereka, Medan seakan menjadi kota sasaran para teroris sekaligus perampok tersebut.

Dibalik itu semua bila berbicara perampokan dan Kota Medan maka apabila kedua kata tersebut disatukan maka akan teringatlah kita pada satu nama yaitu Anton Medan. Ya, dia adalah mantan perampok kelas kakap dan Bandar judi dari medan pada masa 1980 -90an, merampok beberapa kali dan pernah menembak orang. 

Dulu memang dia seorang perampok kelas kakap, namun setelah ditangkap dan menjalani kehidupan di penjara dia berubah menjadi orang alim, menjadi muallaf dan sekarang menjadi ustad.  Anton dilahirkan dalam agama Budha, sempat memeluk Kristen namun setelah mengenal Islam dia jadi tentram dan akhirnya memeluk Islam. Dalam salah satu acara berita di TV One Agustus lalu dia hadir untuk memberikan informasi tentang perampokan dan seluk beluknya.

Tak banyak yang tahu ada satu cerita lucu dari Anton Medan ini, cerita lucu ini pernah dituturkan sendiri oleh Anton Medan disalah satu acara TV beberapa tahun yang lalu dan lelucon itu sampai sekarang masih terus saya ingat karena benar-benar sangat lucu.

Inilah ceritanya :

Anton Medan bernama asli Tan Hok Liang seorang warga Medan keturunan Tionghoa, awalnya dia adalah perampok kelas kakap dan belum menjadi pemeluk Islam. Dia dijebloskan ke penjara karena kasus perampokan dan penembakan. Dipenjara beberapa tahun membuat hidupnya insyaf, tobat dan sadar. Didalam penjara Anton memperoleh pencerahan dan memeluk agama Islam.

Singkat cerita dia telah keluar dari penjara, maklum sebagai mantan preman kelas kakap di Medan tentulah dia masih punya banyak teman sesama preman atau mantan preman di sana. Dia masih suka nongkron bersama dengan teman-temannya itu, beberapa temannya telah tahu bahwa ia telah memeluk agama islam.

Suatu ketika Anton Medan nongkrong dengan beberapa teman preman, dilihatnya ada rombongan orang mengusung peti jenasah, rupanya ada layatan dan ada orang meninggal yang akan dikuburkan. Jenasah itu diusung dengan peti yang diselubungi kain hijau bertuliskan arab, tentulah jenasah itu beragama islam.

Seorang teman Anton Medan bertanya padanya, “Ton,kamu telah memeluk agama islam kan??”

“Iya, memangnya kenapa??” Jawab Anton Medan.

“Tuh jenasah yang diusung, kamu tahu gak tulisan arab yang disana apa bacanya???” Tanya temannya lagi.

Anton Medan gelagapan, jujur saja Anton Medan selama itu belum fasih membaca tulisan arab karena memang baru keluar dari penjara. Namun seketika Anton tak kehilangan akal, dia tahu bahwa temannya itu adalah Bengal, preman yang tak tahu menahu agama apalagi tulisan arab.

Anton pun menjawab dengan ngawur, “Itu bacanya Innalilahi wainalilahi Rojiun.”

“Oh….ngomong-omong itu artinya apaan ya Ton, kok peti tulisannya begitu??” Tanya temannya itu lagi.

Anton sempat kebingungan lagi dengan pertanyaan itu, wah brengsek pikirnya, orang satu ini tanya melulu. Dia tak kehabisan akal lagi toh dia artikan ngawur pun temannya itu tak bakal protes.

“Itu artinya,YANG TIDAK BERKEPENTINGAN DILARANG MASUK !!!”  Jawab Anton sekenanya.

(Sekian…ini kisah nyata….).

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: