20 Tahun “NEVERMIND” NIRVANA

23 September 2011

Pada tanggal 24 September 1991, berbasis di Seattle, Band Nirvana dengan anggotanya Kurt Cobain, Krist Novoselic, dan Dave Grohl merilis album kedua mereka ‘Nevermind’. Dan efek album tersebut terhadap dunia sangat besar bahkan bisa dirasakan sampai sekarang 20 tahun kemudian. Tidak ada album di dunia dalam sejarah rock modern yang memiliki pengaruh yang menentukan kecuali ‘Nevermind’. Ini mendefinisikan kembali adegan musik grunge ikon Seattle, dan dikanonisasi Kurt Cobain sebagai “Voice of Generation”.

Hal lucu adalah bahwa Nirvana masih bermain di tempat-tempat yang hanya berpenonton 700-800 orang ketika mereka sudah mendapatkan penghargaan Platinum. Mereka masih tur kemana-mana dengan mobil van.   “Aku masih tinggal di ruang belakang teman saya pada saat kami akan menjual sepuluh juta rekaman. Saya pikir kami semua shock setelah hal itu terjadi. Aku pergi ke Benihana dengan kartu kredit, dan saya berkata, ‘Oh my God, this thing works!’” Ujar Dave Grohl kepada Spin Magazine.

Ketika album ini hampir selesai, Kurt telah mengatakan kepada managernya bahwa bahwa Nirvana bisa menjadi sebesar Pixies. Itu ambisius karena Pixies adalah sedikit lebih besar dari Sonic Youth, dan Sonic Youth adalah ‘Godparents’ dari Nirvana. Dalam pikiran managernya, gawang terjauh yang bisa dibayangkan adalah untuk mencocokkan Jane’s Addiction , yang memiliki beberapa hard rock fans yang telah beralih ke punk.

Dan tiba-tiba “Smells Like Teen Spirit”  muncul di daftar tunggu radio-radio besar AS yang direquest oleh beberapa fans yang telah memesan album Nevermind.  “Saya tidak yakin bagaimana untuk mencerna ini, jadi aku meminta Mark Kates, (kepala promosi alternatif di Geffen), apakah ini normal? dan dia menjawab dengan matanya melotot, “Aku belum pernah melihat sesuatu seperti ini dalam hidup saya”. Keesokan harinya,pasangan saya mengatakan kepada saya bahwa seorang teman telah berada disuatu pertunjukan konser Guns N’ Roses di New York ketika “Smells Like Teen Spirit”dimainkan di radio, dan orang-orang bersorak. Saat itulah kami menyadari bahwa itu akan menjadi lebih besar dari apa pun yang siapa pun yang pernah memimpikannya.”  Ujar Danny Goldberg Mantan Manager Nirvana.

Ada kesalah-pahaman umum bahwa Cobain menjadi jutawan semalam dengan kesuksesan album itu. Namun album itu tidak mencatat status Gold Record  selama bulan pertama perilisan, sebagian besar penjualan akan sangat laris pada tahun 1992 atau setelahnya dan kembali laris ketika Kurt Cobain tewas.  Album ini menjadi sangat besar ketika bulan Januari 1992 menduduki posisi pertama chart Billboard Amerika Serikat, mengalahkan jagoan sebelumnya ‘Dangerous’ dari Michael Jackson.

Perusahaan rekaman hanya membayar royalti lagu dua kali setahun, akibatnya Cobain hampir  tidak mengeruk penghasilan dari Nevermind di tahun 1991.  Penghasilannya tahun itu mencapai $ 29.541,dan hampir semua itu berasal dari tur konser  musim gugur.  Nevermind pada akhirnya mampu terjual lebih dari 30 juta eksemplar.

Betapa besarnya pengaruh album ini, perlahan tapi pasti telah menjadi ikon perubahan dalam industri musik. Tahun 1993 merupakan tahun perubahan dalam industri musik, terutama rock dan musik alternative. Nirvana boleh dibilang sendirian telah mengubah keseluruhan bisnis dengan album ‘Nevermind’, hanya sesaat setelah hasrat tentang musik hard rock yang menonjolkan  saat-saat menyenangkan surut ketika genre ‘grunge’ yang terkesan takut mencapai kesuksesan dalam tema-tema yang lebih berkaitan dengan realitas dan kesedihan. Era awal tahun 1990-an tidak diragukan lagi merupakan kejayaan ‘grunge’, suatu gerakan punk yang baru muncul. Kemunculan tersebut ditandai dengan Green Day dengan albumnya ‘Dookie’ dan The Offspring dengan albumnya ‘Smash’, telah membunuh sisa-sisa terakhir metal dan rock komersial.

“Kami akan melakukan sesuatu untuk mengacaukannya (mengacaukan rock komersial), saya tahu kami akan mampu melakukan itu,” Ujar Kurt di tahun 1991.  “Saya yakin bahwa Guns N’ Roses telah menjadi sangat berhasil sekarang, dan Bush (George Bush Senior,Presiden AS waktu itu) telah melihat album itu, namun mereka tidak punya artikulasi yang cukup untuk menjadi ancaman bagi siapapun.”  Ujar Kurt Cobain kepada NME Magazine pada tahun 1991.

Dan inti masalahnya, Nirvana telah membuat dampak pengaruh yang lebih besar pada Amerika dengan ‘Nevermind’ daripada apa yang pernah dilakukan Guns N’ Roses dengan ‘Appetite For Destruction’  (album pertama GNR, sekaligus album perdana terlaris di dunia). Kebenaran fantastis tentang keberuntungan Nirvana adalah bahwa tidak ada rencana sebelumnya, tidak ada pesan media yang strategis, karena pada saat itu Geffen menitik pusatkan perhatian mereka pada anak emas mereka ‘Guns N’ Roses’.

‘Nevermind’ menciptakan pergeseran budaya dan warna musik yang sedang popular saat itu (hard rock/metal rock). Memimpin di posisi pertama seluruh dunia pada akhir tahun dan akhirnya album itu berhasil terjual  lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. ‘Nevermind’ akan menjadi salah satu album paling sukses dan berpengaruh di era apapun. Sebuah album yang mempengaruhi integritas rock n’ roll di tangga puncak lagu (chart), ‘Nevermind’ membuktikan inspirasi tunggal untuk para fans dan musisi selama dua dekade terakhir dan masih akan melakukannya untuk generasi-generasi yang akan datang.

Pendapat Para Musisi Tentang ‘Nevermind’

“Saya adalah penggemar berat dari Nirvana,” kata Corey Taylor kepada majalah Kerrang!.  “Aku ingat saat masa bermain lagu-lagu Nirvana dalam album ‘Bleach’ dengan teman-teman saya dan memberitahu mereka mereka bahwa Nevermind akan menjadi besar. Ketika Nevermind belum menjadi besar, saya mempengaruhi teman-teman saya untuk pergi membelinya dan kami tahu album itu akan menjadi besar, saya rasa Nirvana pantas mendapatkannya.”

“Album ini sedalam neraka, dan untuk saat ini ‘Nevermind’ termasuk album terbaik sepanjang masa.” Ujar Corey Taylor Vokalis Stone Sour dan Slipknot kepada Majalah Kerrang!.

“Itu rekaman yang sangat keren. Lagu – lagunya benar-benar hebat. Ini mungkin termasuk rekaman terbaik yang pernah keluar dari Settle. Itu salah satu rekaman favorit saya dari seluruh periode. Ini masih terdengar segar sampai sekarang. Anda dapat berpikir apa yang diinginkan Kurt tentang musik grunge, dan sampai saat ini orang-orang masih peduli tentang hal ini.” Ujar Lenny Kravitz kepada Spin Magazine.

“Nirvana bermain di Athena sekitar sebulan setelah Nevermind keluar,dan saya menyuruh mereka tinggal di rumah saya, mereka tidak punya tempat lain untuk pergi. Sulit untuk percaya bahwa pada tahun Nevermind dirilis, mereka bukan band terbesar di dunia, dan masih butuh waktu beberapa bulan lagi untuk mencapai hal itu. Pada saat itu, mereka bermain klub dan kemudian datang dan mabuk-mabukan.”  Ujar pentolan dan gitaris R.E.M Peter Buck kepada Spin Magazine.

“Aku ingat Nirvana dan Björk masuk ke otak saya di saat yang sama, dan aku benar-benar kewalahan. Sebelum itu, saya menyukai semua musik klasik. Album yang mengubah hidup saya, album itu membuka saya ke seluruh dunia baru. Aku belum pernah bertemu dengan orang yang tidak menyukai album itu.”  Ujar  Amy Lee pentolan dan vokalis Evanescence kepada Spin Magazine

“Saya bekerja di sebuah Tower Records di Sonoma, California pada waktu itu dan aku ingat diriku sendiri dan beberapa karyawan lain yang bersemangat ketika mendengarkan Nevermind. Saya adalah seorang penggemar Bleach (album pertama Nirvana) . Mereka memiliki lagu yang hebat, suara asli gila dan getaran yang begitu berbeda dari musik pop dan rock yang besar pada saat itu. Saya pikir mereka jujur pada pilihan musiknya sendiri ​​dan mereka termasuk beberapa band-band Seattle lain seperti Soundgarden dan Mudhoney membuat rekaman yang meledak di pasaran.” Ujar  Brian Poseh, Musisi dan Aktor Amerika Serikat.

“Aku ingin sesuatu yang segar, favorit saya Metallica sukses dikomersial dan salah satu band favorit saya yang lain, Guns N’ Roses telah merilis Use Your Illusion 1 dan 2, sebuah album besar mereka setelah Appetite For Destruction. Repetisi label yang datang ke toko kami berbicara tentang musik baru dari Nirvana dan Pearl Jam dan saya suka juga terhadap kedua band tersebut.”  Tambah Brian Posehn kepada Spin Magazine.

“Saat itu musim panas di Seattle, dan album rekaman kami ‘Ten’ (Album Pertama Pearl Jam) rilis pada sekitar minggu-minggu tersebut. Pada saat itu Ada beberapa salinan Nevermind beredar di kaset sebelum album rekaman itu rilis, dan aku ingat saat mendengarkannya pada Walkman.  Hanya mendengar rekaman itu saya percaya bahwa kelak ini akan memberi dampak. Rasanya seperti perubahan.” Kata Vokalis Pearl Jam Eddie Vedder kepada Spin Magazine.

Begitulah pendapat para musisi dunia, bagaimana pendapatmu kawan??

 

Referensi , Link dan Sumber Berita :

http://www.kerrang.com/blog/2011/06/classic_nirvana_album_to_be_re.html

http://www.kerrang.com/blog/2011/09/kerrang_magazine_240911.html

http://www.kerrang.com/blog/2011/09/nevermind_is_one_of_the_best_a.html

http://www.kerrang.com/blog/newissue/

http://www.spin.com/articles/true-or-false-8-myths-about-nirvanas-nevermind

http://www.spin.com/gallery/what-nirvanas-nevermind-means-me?page=14#main

http://www.spin.com/articles/jon-stewart-hosting-nirvana-interview-sirius

http://www.spin.com/articles/nevermind-tribute-show-celebrates-nirvana

http://www.roadrunnerrecords.com/blabbermouth.net/news.aspx?mode=Article&newsitemID=161192

http://www.roadrunnerrecords.com/blabbermouth.net/

http://www.rollingstone.com/music/news/krist-novoselic-duff-mckagan-and-more-pay-tribute-to-nevermind-20110921

http://www.rollingstone.com/music/artists/nirvana

http://www.rollingstone.com/music/photos/grunge-mohawks-flannel-and-loud-guitars-20091102

http://www.nme.com/news/nirvana/57477

http://www.nme.com/blog/index.php?blog=10&p=11147&title=mary_anne_hobbs_feature&more=1&c=1

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

One Response to 20 Tahun “NEVERMIND” NIRVANA

  1. Ping-balik: Spaghetti Incident vs Nevermind (Guns N’ Roses vs Nirvana) « Pijarpatricia's Weblog

Tinggalkan Balasan

