20 Tahun “Use Your Illusion”

Wawancara Dengan Slash tentang 20 tahun Use Your Illusion

Pada tengah malam menjelang tanggal 17 September 1991  4,2 juta salinan Use Your Illusion I dan II akan dirilis ke publik AS, menandai perilisan double album terbesar sepanjang sejarah. Banyak fans yang sudah menunggu di depan toko sebelum album itu benar-benar dikirim. Perilisan double album ini menandai juga periode kejayaan kembali Guns N’ Roses yang mempunyai kesan alcoholic, pencandu narkoba dan pembuat kerusuhan. Namun jangan lupa bahwa rilisnya double album ini juga menandai beberapa riff dan melodi gitar terbaik dekade ini.

Untuk saat ini jutaan fans masih suka mendengarkan lagu-lagu dalam Use Your Illusion, Setiap orang, tapi tampaknya Slash adalah orang yang saat ini tidak lagi suka mendengarkan Use Your Illusion dengan penuh.     “Saya tidak tahu mana yang saya suka diantara keduanya,”  katanya. “Aku belum mendengarkan ‘Use Your Illusion’  sejak lama, aku bahkan tidak tahu  mana yang saya suka diantara keduanya, namun saya tahu kebanyakan orang lebih suka yang biru (Use Your Illusion II) daripada yang merah (Use Your Illusion I)…atau mungkin kebalikannya.” Ujar Slash.

use-your-illusion

use-your-illusion

“Aku hanya benar-benar terobsesi dengan proses rekaman Use Your Illusion dan ketika aku masuk ke studio itu, aku benar-benar bisa menyatu dengan mereka, sepanjang waktu. Karena sudah begitu lama.” Ujar Slash.

“Kami telah membuat ‘Appetite For Destruction’ dan kemudian melakukan tur selama bertahun-tahun. Kami sangat menyatu waktu itu dan performa kami sangat ‘membakar’. Setelah itu kami mulai bekerja kembali untuk album baru.”

“Ini benar-benar lebih eksploratif daripada Appetite For Destruction,” Ujar Slash
Slash mengungkapkan bahwa ada ketidaksepakatan dalam band atas beberapa instrument  tambahan yang harus dimasukkan dalam lagu. “Masalah saya waktu itu dengan Izzy Stradlin, Album ini adalah produksi besar dengan proporsi yang besar pula namun kompleksitas dan harapan Izzy mulai mundur, dia sulit untuk menemukan hal itu kembali. Namun  karena filosofinya yang kuat terhadap rock n’ roll dimana saya sangat setuju padanya akan hal ini.”

Slash menjelaskan bahwa mereka berhasil melewati trek dasar rekaman dan itulah menurut dia yang memberikan nuansa alami pada album ini. Meskipun dalam penggarapan beberapa lagunya memakan waktu yang lebih lama seperti lagu ‘Civil War’ yang tidak selesai direkam selama puluhan kali, hingga akhirnya penyebab terhambatnya proses rekaman itu segera disingkirkan. Untuk memperlancar proses rekaman, Slash dan Axl Rose sepakat untuk memecat Steven Adler dan menggantikannya dengan Matt Sorum.

Double album ini adalah memori kenangan musik sepanjang masa oleh semua orang, beberapa lagu mungkin sama dengan kisah hidup beberapa orang dan berada dalam memorinya sepanjang masa.  Tapi untuk Slash dia tidak ingin melihat kebelakang lagi tentang hal itu, dia tidak ingin melihatnya kembali 20 tahun lalu. Saat ini hubungan dia dengan Axl Rose tidak sama seperti 20 tahun lalu, 20 tahun lalu ketika Use Your Illusion menjadi double album terlaris sepanjang masa.

Dan ketika mereka mulai mendapat julukan untuk “Band Paling Berbahaya Di Dunia” (The Most Dangerous Band In The World), dimana setiap kedatangannya selalu ditunggu-tunggu setiap penonton konser di seluruh dunia. Ketika Use Your Illusion juga memecahkan rekor sebagai tur album terlama di dunia (waktu itu) dengan 194 konser di 27 negara. Selama konser itu pula GNR dikenal sebagai band pembuat kerusuhan yang aktor utamanya kebanyakan disebabkan karena Axl Rose.

Dan saat ini rekor tur album terlama di dunia telah dipecahkan oleh Guns N’ Roses sendiri melalui “Chinese Democracy Tour” yang dimulai tanggal 1 Januari 2001 sampai sekarang belum selesai juga. Ini menakjubkan untuk sebuah band, sangat menakjubkan bahwa konser ini dilaksanakan jauh – jauh hari sebelum Chinese Democracy dirilis pada 23 November 2008.

Dan pada tengah malam ini 17 September 2011 adalah 20 tahun Use Your Illusion, double album untuk sepanjang masa, double album untuk sound track hidup kami, dan apakah kalian juga menyukainya??

use your illusion 2

use your illusion 2

Link :

http://www.musicradar.com/news/guitars/the-story-of-guns-n-roses-use-your-illusion-i-ii-496629

https://pijarpatricia.wordpress.com/2008/07/26/tentang-guns-n-roses/

http://www.roadrunnerrecords.com/blabbermouth.net/news.aspx?mode=Article&newsitemID=163328

http://en.wikipedia.org/wiki/Use_Your_Illusion_Tour

http://en.wikipedia.org/wiki/Chinese_Democracy_Tour

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

One Response to 20 Tahun “Use Your Illusion”

  1. agus says:

    Album use your illusion II adl kaset lagu ‘barat’ yg pertama kali saya beli, saat itu kelas 2 SMA, double album itu telah mewarnai kehidupan saya sampai sekarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: