BACK OFF BITCH

BACK OFF BITCH

“Back Off Bitch” adalah lagu yang ditulis oleh Axl dan temannya Paul Huge Tobias. Itu adalah salah satu lagu lama milik Axl Rose yang masuk ke dalam album Guns N’ Roses, lagu itu ditulis Axl dan Tobias ketika Axl masih bermain band

Axl bersama Paul Tobias di Rio De Jeneiro Brazil 2001

dengan nama “AXL”.  Lirik yang ditampilkan pada Use Your Illusion I tampaknya sudah agak dirubah dan berbeda ketika lagu ini dibawakan (Lagu ini pertama kali ditampilkan GNR pada tahun 1986 di Roxy). Namun, terlepas dari apakah liriknya telah ditambah atau dirubah, liriknya mengungkapkan banyak hal tentang pandangan Axl terhadap wanita.

GNR live in Roxy 1986

Dia berkata, “Saya telah melakukan banyak pekerjaan dan menyadari bahwa saya memiliki banyak kebencian terhadap wanita. Pada dasarnya, saya telah ditolak oleh ibu saya sejak masih bayi. Dia lebih memilih bapak tiri saya ketimbang saya. Saya kembali bekerja serta menemukan bahwa saya kebetulan mendengar bahwa nenek saya membenci pria ketika saya berusia empat tahun. Saya memiliki masalah dengan maskulinitas karena hal tersebut. Saya amat jengkel pada nenek saya karena masalah dengan pria, dan bagaimana hal itu mempengaruhi perasaan tentang menjadi seorang pria. Oleh karena itu, saya menulis tentang perasaan-perasaan itu ke dalam lagu-lagu.”

Lirik dalam Back Off Bitch tidak sekedar merupakan perasaan yang umum terhadap wanita, sebaliknya lagu tersebut jelas ditujukan pada Stephanie Seymor. Dalam lagu tersebut Axl merujuk pada seorang kekasih (“Pretty Baby”) yang jelas merupakan seorang rekan wanita, tetapi lirik “I Ain’t playin’ childhood games no more” (aku tak lagi memainkan permainan-permainan masa kanak-kanak), adalah sindiran ironis yang tepat pada masa mudanya dan desakan bahwa dia menolak untuk menampilkan sisi kekanak-kanakannya. Seperti yang dia nyatakan, “Saya katakana sudah waktunya bagi saya untuk melakukan pembalasan.”

Menjelang akhir lagu tersebut liriknya bahkan menjadi lebih langsung dan musiknya menampilkan rangkaian instrument yang melateri refrain Axl yang memisahkan.  “It’s time to burn, burn the witch” (Sudah saatnya membakar, membakar sang penyihir wanita itu), sebelum komentar-komentar sarkastik dari band tersebut, “Hey wha’d’ya think he’s tryin to say there, anyway?” (Hei, apa yang kau pikir dia coba katakana di sana??).

“I Think it’s something each person’s sposed to take in their own special way” (saya pikir semua orang memiliki kecenderungan untuk melakukan cara mereka sendiri), sebelum cercaan penutup di akhir lagu oleh Axl, “FUCKING BITCH!!”

Awal tahun 1990,  ketika proses rekaman album Use Your Illusion, Axl dan temannya Del James mengendarai mobil mengelilingi Beverly Hills, sambil memutar lagu Back Off Bitch dan Right Next Door To Hell dengan suara yang teramat sangat keras. Karena perangkat stereo audio mobil Axl sangat mewah dan besar (mobil beserta perangkat audionya pernah masuk dalam majalah CarAudio), suara musik itu membuat perhatian departemen kepolisian lokal. Axl tersenyum pada para petugas dan mengecilkan volume musik. Petugas itu tak menilang Axl dan James. Axl kemudian pergi dan kembali mengencangkan volume musik setelah agak jauh dari polisi-polisi itu.

AXL ROSE

Selanjutnya masih dalam jalan yang sama, Axl sekali lagi dicegat oleh polisi yang mendengar suara berisik dari sebuah mobil. Polisi itu menyetop mobil yang dikendarai oleh James dan Axl, namun polisi itu ternyata taka berbuat apa-apa setelah ia tahu bahwa yang berada di mobil adalah Axl Rose. Polisi itu malah minta tanda tangan untuk dia dan seorang temannya yang ngefans dengan Guns N’ Roses. Axl hanya berbicara sedikit pada polisi itu, dan memberi tahu bahwa sebentar lagi GNR akan merilis album (Use Your Illusion).

Back Off Bitch termasuk lagu-lagu lama milik Axl yang masuk dalam Use Your Illusion, Use Your Illusion sebagian dari materi lagu-lagu itu telah diciptakan oleh Axl atau Izzy jauh hari sebelum Appetite For Destruction dirilis. Misalnya lagu “Perfect Crime” yang telah ada sejak tahun 1985 dan ditampilkan live oleh GNR pertama kali pada 31 Oktober 1986 di The Ackerman Ballroom saat GNR menjadi band pembuka bagi Red Hot Chili Peppers.   Lagu “November Rain” adalah lagu yang ditulis Axl ketika berumur 17 tahun. “The Garden” adalah lagu apik yang ditulis bersama West Arkeen antara tahun 1987-1988. Ada satu lagu yang “istimewa”  di Use Your Illusion yaitu lagu “My World” di Use Your Illusion II, lagu ini tidak diketahui oleh Slash, Izzy dan Duff sampai pada saatnya lagu ini tiba-tiba muncul dalam album tersebut. Axl menggarap lagu ini secara sendirian dan dibantu oleh beberapa teman programmer dan dengan olahan computer lagu ini digarap tanpa sepengetahuan teman bandnya. Tampaknya “My World” juga mencuplik adegan-adegan (riil) Axl di atas ranjang yang berisi desahan perempuan orgasme.

=====pijar rose patricia…. pijarpatricia ….racun sianida=====

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

