Bingung dengan kata bijak ?

KATA BIJAK YANG MEMBUAT BINGUNG

Saya akan mengutip perkataan H.G Bohn yang kemudian kata-kata itu diabadikan menjadi sebuah petuah bijak, “ORANG BIJAK BELAJAR DARI KESALAHAN ORANG LAIN, SEMENTARA ORANG BODOH HANYA BELAJAR DARI KESALAHAN MEREKA SENDIRI.”

Sebagian orang yang membaca kata-kata itu bingung, bahkan ada yang menyangkal bahwa kata-kata itu tidak benar, keliru dan perlu diluruskan. Sebagian orang akan lebih menganggap bahwa ORANG BIJAK ADALAH ORANG YANG BISA BELAJAR DARI KESALAHANNYA SENDIRI DAN BERUSAHA MEMPERBAIKI. Iya, kalau menurut saya kata-kata itu sangat tepat sekali, sangat benar. Tapi kata-kata bijak dari H.G Bohn tadi tidaklah salah, kata-kata itu justru lebih kuat maknanya ketimbang kata-kata yang “umum” kita dengar terakhir tadi.

Kalau boleh saya jelaskan, di dunia ini dan di kehidupan ini terlalu banyak hal yang belum kita ketahui, terlalu banyak hal yang belum kita lakukan dan menurut H.G Bohn, kita tidak perlu menunggu untuk berbuat sesuatu itu hanya untuk bisa “BELAJAR”. Misalnya aja begini, kita lihat ada teman kita yang ketergantungan narkoba lalu pasti dalam hati kecil kita berkata “Ya Allah jangan sampai aku seperti dia!!”. Atau kalau dalam bahasa Islamnya “Naudzubillah”. Nah, itulah yang dimaksud oleh HG Bohn, kita tidak perlu menunggu waktu sampai kita berbuat agar kita bisa belajar, kita cukup bercermin dari perilaku dan kesalahan orang lain untuk kemudian dijadikan pembelajaran.

Orang bijak yang Bohn maksud bukanlah orang yang mencari-cari kesalahan orang lain, yang beliau maksud adalah mengamati kesalahan orang lain untuk kemudian dipelajari. Tentu saja beliau juga menekannya pentingnya belajar dari diri sendiri, karena sebaik-baiknya orang pasti akan melakukan kesalahan.

Nah inilah esensi dari kata-kata Bohn tadi, tapi akan terlalu bodoh jika kita hanya mencari-cari kesalahan orang lain dan tanpa menjadikannya pembelajaran. Itulah orang yang sebenar-benarnya bukan orang yang dimaksud oleh Bohn.

Saya tahu, bohn lebih pandai daripada saya dan kalian semua, maka dari itu Bohn tidak akan sembarangan berkata, tidak akan sembarangan mengeluarkan petuah jika tidak ada landasan yang kuat. Kadang kata-kata filsafat memang sulit dimengerti (apalagi jika gurunya atau dosennya namanya PAK SUKARDI ).

_______

Ada lagi sebuah kata bijak yang tidak umum terdengar, “Pengalaman adalah guru PALING BURUK karena memberikan ujian sebelum pelajaran dimulai.” Bagi sebagian orang mereka akan lebih familiar dengan kata “Pengalaman adalah guru paling BERHARGA.”

Kedua kata ini tidaklah salah, semua benar. Namun kata yang pertama jauh lebih kuat maknanya, jauh lebih “menyindir” ketimbang kata yang kedua. Dan semua kata bijak tersebut mengisyaratkan kita bahwa pengalaman akan membuat kita HARUS mulai belajar. Kata yang pertama lebih bersifat sindiran, lugas dan kata-kata itu sangat menghargai betapa pentingnya arti sebuah PENGALAMAN.

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: