Merokok, Baikkah?

<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:IN; mso-no-proof:yes;} @page Section1 {size:612.1pt 33.0cm; margin:62.35pt 89.85pt 3.0cm 89.85pt; mso-header-margin:35.45pt; mso-footer-margin:35.45pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

MASIH PENGEN MEROKOK ??

Ketika aku mencoba untuk merokok, aku pikir rokok hanyalah sebuah rokok, diisap hanya untuk kenikmatan dan bergaya sok lelaki. Namun setelah berapa saat sadar ternyata aku tahu kalau rokok adalah pembunuh terbesar di planet bumi. Aku hanya akan tahu bahwa rokok adalah jantan, kenikmatan dan racun. Tanpa aku tahu sebelumnya bahwa rokok sebenarnya memiliki sebuah manfaat.

Ketika seseorang menghisap rokok, nikotin akan terhisap dan akan masuk ke dalam otak hanya sekitar delapan detik. Nikotin dalam bentuk asap rokok tadi akan mempengaruhi reseptor sel otak yang kemudian melepaskan NEUROTRANSMITER termasuk DOPAMIN dan ASETILKOLIN, yang terkait dengan mood, rasa senang dan respons ingatan. Pada uji coba terhadap manusia, nikotin diketahui dapat meningkatkan pemrosesan informasi, ingatan jangka pendek, ingatan spasial, dan kecepatan reaksi pada pasien, yang juga merupakan akibat meningkatnya aktifitas DOPAMIN.

Ya, sebuah rokok bisa mempengaruhi sel syaraf otak kita sehingga aliran darah akan lebih banyak ke otak. Fenomena merokok sering aku praktekkan pada saat-saat menjelang adanya pemikiran hebat dan butuh daya kerja maksimal otak. Aku ingat ketika break waktu UM UGM aku harus segera menghisap rokok untuk memulihkan kerja otakku, dan menghisapnya sekali lagi untuk persiapan ujian sesi kedua. Sungguh gila, karena aku meniru cara ini dari seorang temanku yang hampir setiap kali mau ujian selalu “doping” dengan menghisap rokok. Manfaat rokok ini akan meningkatkan daya ingat selama beberapa saat, memberikan ketenangan saat mengerjakan dan akhirnya berbuah sebuah hasil.

Meskipun nikotin mungkin memberikan peningkatan kekuatan otak secara temporer, kerugian yang ditimbulkannya seperti peningkatan produksi RADIKAL BEBAS dan kanker paru-paru mengalahkan manfaat yang terbatas tersebut.

Rokok secara perlahan akan menggerogoti paru-paru dan usus anda….masih ingat ketika seseorang bintang tamu Empat Mata yang kehilangan salah satu paru-parunya karena dulunya ia adalah perokok hebat??? Lalu tukul bercanda, “kalau hilang satu berarti sekarang namanya bukan paru-paru lagi, tapi paru ajah!!”

Sebuah manfaat yang dihasilkan rokok mampu digantikan oleh olahraga, Manfaat yang sama besar dari nikotin bisa didapatkan dengan olah-raga, yang membuat produksi ASETILKOLIN dan adrenalin meningkat dan berujung pada perasaan senang dan rileks.

Jadi, apakah masih pengen merokok???? Jalan sehat selama 30 menit cukup untuk memperlancar aliran darah ke otak, tanpa harus merokok. Tapi jalan-jalan ditempat yang tidak panas yah, jgn-jgn malah pingsan karena berjalan tanpa alas kaki di jalan aspal yang panas dan terik matahari yang menyengat…beuh,gak jadi sehat malah jadi bencana mak…..!!!!

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

One Response to Merokok, Baikkah?

  1. imasvaniacazmi says:

    wah .. tau gitu pas um ugm ak ngerokok y
    waktu break um rokok na abis jadi ga bisa ngerokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: