Deja-Vu

Deja –Vu

Pertama kali mendengar sebuah kata yang aneh…..aku belum tahu artinya waktu itu…

Saat membaca mengenai pemikiran dan cara kerja otak, tak disangka istilah ini muncul kembali.

Lalu apa yang dimaksud dengan “Deja-Vu?”….

Kata deja-vu berasal dari bahasa perancis yang artinya “pernah melihat”. Menggambarkan suatu fenomena yang paling membingungkan yang terkait dengan ingatan, yaitu perasaan bahwa seseorang pernah mengalami suatu situasi tertentu pada masa lalu, meskipun orang yang bersangkutan memiliki ingatan sadar tentang hal tersebut.

Waw…itu artinya menurutku adalah suasana ketika kita pernah merasakan suasana sama seperti itu dimasa lalu, entah kapan dan apakah pernah terjadi sebelumnya….

Ketika aku masih belum bisa memahami apakah arti Deja-Vu, aku sering sekali mengalami hal itu….berjalan di sebuah jalan menuju ke sebuah Masjid, tapi entah mengapa aku merasa tealah mengenal lingkungan itu, padahal menurutku aku sama sekali belum pernah mengunjungi tempat itu sebelumnya.

Deja-Vu bisa menyebabkan seseorang merasa bingung atau khawatir akan kesehatan mental mereka. Namun, ini bukan sesuatu yang luar biasa dan bukan juga berarti bahwa anda “kehilangan akal sehat”. Meskipun para ahli psikologi dan ahli ingatan masih belum dapat menyimpulkan sumber deja-vu, kita semua tahu bahwa sensasi semacam itu mungkin diaktifkan di bagian penghubung otak yang disebut LOBUS TEMPORAL. Sensasi semacam itu bisa dimunculkan pada subjek-subjek yang sehat dengan memberikan stimulus listrik di daerah lobus temporal. Lalu, bagaimana dengan deja-vu yang juga dialami oleh banyak orang (orang sehat) tanpa menerima stimulus listrik pada otak mereka? Beberapa ahli psikologi percaya bahwa deja-vu seperti ini merupakan akibat dari terpecahnya ingatan, atau kombinasi elemen dari situasi yang sedang berlangsung, yang karena satu alasan telah memicu munculnya suatu pengalaman masa lalu, yang tidak dapat dikenali oleh pikiran yang sadar. Ada pendapat lain bahwa adanya deja-vu ini membuktikan adanya kehidupan masa lalu alias REINKARNASI.

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: