Reinkarnasi

Reinkarnasi adalah suatu kepercayaan, yaitu yang meyakini bahwa suatu makhluk tetap hidup dan kembali ke bumi dalam bentuk lain setelah jasad si pembawa ruh tersebut mati. Seorang filsuf yunani,Plato, menyatakan bahwa ruh manusia menjalani sembilan lingkaran kelahiran kembali sampai akhirnya mencapai tingkat tertinggi, yaitu tingkat kesembilan, ketika kita akan terbebas dari perjalanan di bumi.

Beberapa orang terkenal yang mempercayai reinkarnasi adalah ilmuwan Amerika Thomas Alfa Edison, Raja Industri mobil Amerika Henri Ford, Aktor Sylvester Stallone dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak bukti berbentuk anekdot memperlihatkan bahwa ada sejumlah orang yang ternyata bisa mempertahankan ingatan dari kehidupan yang lampau, para ilmuwan tetap meremehkan dan bersikukuh menolak anggapan tersebut dengan alasan tidak didukung bukti-bukti ilmiah.

Salah Satu kasus paling menarik yang dilaporkan di dalam buku berjudul Twenty Cases Suggestive of Reincarnation (1974) adalah kisah seorang gadis bernama Shanti Devi, yang lahir di New Delhi, India. Pada 1926 pada usia tujuh tahun, shanti mengumumkan kepada kedua orangtuanya bahwa sepuluh tahun sebelumnya, dia hidup sebagai seorang wanita tua bernama Ludgi, di sebuah kota bernama Muttra yang terletak jauh dari tempat tinggalnya sekarang. Melalui serentetan kesempatan, dan kemudian dalam kesempatan yang telah direncanakan, gadis kecil itu bisa mengenali semua kerabat dari kehidupan masa lalunya. Pertama-tama, dia bertemu dengan sepupunya, suaminya dan ketemu dengan dua dari ketiga anaknya (Ludgi meninggal saat melahirkan anaknya yang ketiga). Semua diceritakan Shanti dengan tepat dan terperinci, yang tidak mungkin dapat diceritakan oleh orang yang tidak mengalaminya. Dia juga bisa mengenali kota Muttra secara terperinci, padahal dalam kehidupannya yang baru, kota ini belum pernah dikunjunginya.

Atau cerita yang lebih meyakinkan yaitu, pembelajaran yang dilakukan Wolfgang Amadeus Mozart dari kehidupan masa lalu. Mozart mulai menggubah lagu pada usia 4 tahun dan memulai pertunjukan keliling Eropa sebagai pianis berusia 6 tahun.

Wallahu’alam. Hanya Allah, Tuhan kita yang tahu…. .. cerita ini tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi pikiran dan kepercayaan anda namun hanya sebatas sebagai pengetahuan saja…..

Iklan

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI

One Response to Reinkarnasi

  1. kuluk@bali says:

    Memahami reinkarnasi tidak bisa sepotong2, karena ada dalam 1 paket dalam konsep Tuhan/Brahman — Atman/Roh — Karmapala — Reinkarnasi — Moksah. Dari Brahman sang Atman memercik kemudian dalam pengembaraan sucinya terikat oleh Karmapala, sehingga timbul kelahiran berulang kali. Reinkarnasi akan berakhir bila sang Atman sudah memperoleh kesuciannya untuk bersatu kembali dengan Brahman.
    Mungkin seperti main yoyo, kita lepas, berputar2 kemudian kembali ke tangan. Atau seperti main ular tangga.
    Dalam skala makrokosmos juga seperti itu. Bermula dari Big Bang, kemudian berevolusi hingga akhirnya kembali ke Black Hole.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: