Keluarnya Izzy Stradlin dari Guns N’ Roses

Izzy Stradlin (tengah) tempil bersama 'New' Guns N' Roses tahun 2

Izzy Stradlin (tengah) tampil bersama 'New' Guns N' Roses tahun 2006.

(diterbitkan tanggal 14 – 04 – 2010)

Izzy Stradlin keluar pada akhir tahun 1991. Keegoisan Axl, sering terlambat datang ke konser, Kerusuhan St.Louis dan rencana Axl untuk mengambil alih penuh hak nama Guns N’ Roses membuat Izzy harus keluar. Konser di Wembley Stadium London, Inggris pada 31 Agustus 1991 merupakan konser terakhirnya.

Merefleksikan mundurnya dia dari Guns N’ Roses, Izzy Stradlin menyatakan tidak menyesal atau berniat buruk terhadap siapa pun dalam band.  “Ada kerusuhan di St Louis – ketika hal-hal seperti itu terjadi, Anda mulai bertanya-tanya tentang apa yang seharusnya anda lakukan,” ia mengaku. “Apakah semuanya akan seperti ini? Aku hanya lelah terhadap semua ini, saya harus keluar “. Ujar Izzy Stradlin.   Secara resmi Izzy keluar dari band 7 November 1991, tapi opininya berkata bahwa Axl yang secara tidak langsung telah mendepaknya.

“Saya merasa amat kecewa, dan saya MENYINGKIRKANNYA. Saya sebenarnya tidak begitu suka melakukannya,” Axl berkata tentang teman lamanya.

“Ada beberapa tanggung jawab bagi GNR yang Izzy tidak ingin hadapi. Pada hal-hal tertentu, sebenarnya dia tidak ingin bekerja sekeras yang telah kami lakukan. Dia baru muncul begitu kami akan naik panggung, dan dia sering kecewa ketika saya tidak datang tepat pada waktunya, bermain dan berpisah. Kadang, baru lima menit kami keluar panggung, dia pergi. Dia tidak melakukan sosialisasi dengan band ini pada level apapun. Dia memiliki masalah nyata untuk menjadi bersih dari narkoba dan berada disekitar kami. Dia tidak mampu melakukan berbagai hal yang dibutuhkan dalam Guns N’ Roses.” Ujar Axl.

Setelah Izzy Stradlin keluar, Axl benar-benar mewujudkan harapannya agar GNR dijadikan sebuah institusi. Selain band, GNR kini menjadi kelompok yang tidak dapat disentuh oleh gugatan hukum. Tidak ada anggota yang tidak dapat diganti, kecuali Axl yang telah memutuskan bahwa dirinya satu-satunya yang mampu menjalankan band tersebut secara layak.

“Saya senang kami telah mendapatkan beberapa lagu darinya dan saya senang bahwa dia pergi”, Ujar Axl.

Axl berkata lagi, “Izzy mengumpulkan anggota-anggota band yang lain dan menjadikan mereka menentang saya dengan mengatakan bahwa saya yang telah mendesak dia keluar. Dia banyak mengatakan omong kosong di belakang saya. Dia mencoba membuat suatu permainan kekuasaan dan merusak kami ketika dia keluar. Benar-benar brengsek.”

Tahun 1993, ketika Use Your Illusions Tour memasuki Eropa, Gilby Clarke mengalami cedera karena kecelakaan motor. Pihak GNR kebingungan mencari pengganti, dan ditemukan solusi paling cepat yaitu memanggil kembali Izzy Stradlin untuk mengisi kekosongan. Pilihan cepat ini dibutuhkan karena hanya Izzy yang dianggap mampu memainkan lagu-lagu GNR. Terlepas dari perseteruan dengan Axl sebelumnya, Izzy kemudian benar-benar hadir dalam konser di Eropa.

Setelah Izzy keluar, adalah ironis bahwa band tersebut pada dasarnya kembali ke akarnya dan melucuti semuanya. Mereka melupakan orchestra dan banyak penyanyi latar, dan sebaliknya berkonsentrasi kepada gitar, bass, drum dan suara Axl yang mudah menyesuaikan diri.

Amat memalukan bahwa ‘The Spaghetti Incident?’ menjadi album yang boleh dibilang diabaikan oleh fans di antara semua album GNR. Saat itu publik lebih memperhatikan album Nirvana, ‘Nevermind’ yang dirilis oleh Geffen juga. Hanya sesaat hasrat tentang musik hard rock yang menonjolkan saat-saat menyenangkan surut ketika genre ‘grunge’ yang terkesan takut mencapai kesuksesan dalam tema-tema yang lebih berkaitan dengan realitas dan kesedihan.

Hubungan Izzy dan Axl kembali membaik ketika Izzy tampil bersama Axl dengan GNR format baru. 17 Mei 2006, Izzy tampil bersama GNR menyanyikan lagu Nightrain, Think About You dan Patience.  Sejak saat itu, Izzy sering tampil menjadi bintang tamu GNR dalam konser Chinese Democracy.  Dalam album Chinese Democracy, Axl juga mengucapkan terima kasih kepada Izzy Stradlin, merupakan satu-satunya anggota The Original Guns yang disebut namanya dalam ‘Chinese Democracy’.

14 Years, lagu dalam album Use Your Illusions II mengingatkan kembali persahabatan Izzy dan Axl.

14 Years memang tidak secara kebetulan muncul, lagu ini mulanya diciptakan Izzy untuk 14 tahun persahabatannya dengan Axl. Axl kemudian turut serta dalam penciptaannya, sang Font Man yang bergabung dalam refrain dan jelas bahwa liriknya terutama diciptakan oleh Axl.

Mari kita lihat sedikit saja penggalan lirik lagu ”14 Years” yang terdapat pada album ”Use Your Illusions 2 (1991)”

”But it’s been, 14 Years of silence

It’s been 14 of pain

It’s been 14 Years that are gone forever

And I’ll never have again.”

(Empat belas tahun kesunyian, empat belas tahun rasa sakit. Empat belas tahun yang hilang untuk selamanya, dan tidak akan pernah kualami lagi).

About these ads

Perihal pijarpatricia
ADITYO KUSNADI a.k.a PIJAR PATRICIA. SUKOHARJO, 11 DESEMBER 1987.

14 Responses to Keluarnya Izzy Stradlin dari Guns N’ Roses

  1. adi mengatakan:

    aduh..gun n rose’s yang sekarang sayang banget gitu…para prsonil..yang aslinya cuman ada 2 orang saja….izzy dan w.axl yang lainya pada keluar, coba para prsonil aslinya pada ngumpul lagi…dan tur-tur antar negara…, seperti tahun 1993 di tokyo dome, pasti gun n rose’s keren abiz….apa lagi duff mckagan…memainkan bassnya keren banget beda ama yang lain…

  2. Teddy mengatakan:

    Formasi awal GNR adalah yg terbaek tp mereka ga akan pernah reuni karena udah ga sejalan dlm bermusik.

  3. pijarpatricia mengatakan:

    Ralat untuk komentar dari adi, GN’R yang sekarang cuma meninggalkan satu anggota orisinil yang disebut dengan “The Original Guns” yaitu Axl Rose. Sedangkan anggota terlama selain Axl adalah Dizzy Reed yang bergabung sejak 1990.

    Izzy Stradlin bergabung menjadi bintang tamu special dalam beberapa tur konser GNR di tahun 2006.
    dalam pernyataan Resmi Axl Rose di Desember 2008, GNR akan mengeluarkan album baru setelah Chinese Democracy dan Izzy Stradlin akan menyumbangkan satu lagu berjudul “Down by the Ocean”.

    untuk mengetahui sejarah-sejarah GNR haruslah secara lengkap, tdk sepotong-sepotong…maka di Blog ini juga dituliskan sebagian sejarah-sejarah GNR terpenting lainnya….bacalah untuk dapat mengerti lebih lanjut.

  4. pijarpatricia mengatakan:

    @teddy, reuni GNR masih sangat terbuka….Axl masih menjalin hubungan baik dengan izzy Stradlin dan Axl kemungkinan ingin sepanggung bareng dengan Duff Mckagan. tapi tidak untuk Slash, Axl belum pernah akan mau untuk sepanggung bersama Slash.

    “I could see doing a song or so on the side with Izzy [Stradlin] or having him out [on tour] again. I’m not so comfortable with doing anything having more than one of the alumni. Maybe something with Duff [McKagan], but that’s it, and not something I’d have to really get down into, as I’d get left with sorting it out and then blamed on top of it. So, no, not me.” Komentar Axl Rose ditahun 2009.

  5. Dirham mengatakan:

    Trus persahabatan SLASH dengan AXL kapan damainnya???

    kalau ada konser Reunix pasti bagus…

  6. Upil Band mengatakan:

    Tenang – tenang …biarlah GNR bubar..kan masih ada ST12…hahaha

  7. pijarpatricia mengatakan:

    14 Oktober 2010, di London. GNR menggelar konser akbar dan spesialnya hadir tamu istimewa DUFF MCKAGAN……Horee!!! Duff Bermain bersama GNR. baca http://pijarpatricia.wordpress.com/2010/10/16/duff-mckagan-reunian-bersama-axl-rose-14-oktober-2010/

  8. JaVa VijaYa mengatakan:

    GNR identik dgn slash…GNR tanpa slash krng seruu….

  9. Reza mengatakan:

    Mungkin ada 1 nama setelah Izzy…. Gilby Clarke. Gw fikir gilby lebih nurut ama Axl tp sekitar 1995 (Pd waktu rekaman Sympathy For The Devil utk soundtrack Interview with the vampire) gilby sempet diganti ama (koreksi ya kalo salah) Paul Hugh… apakah ada perseteruan antara Gilby dan Axl? Gw lebih suka permainan Gilby dibanding Izzy, karena jujur aja Gilby bisa bikin lagu yg bener2 easy listening (See: Pawnshop guitar)

    • pijarpatricia mengatakan:

      mas Reza, Gilby sudah dipecat tahun 1994, sesaat sebelum rekaman Sympathy For The Devil………alasan utama Axl Rose adalah bahwa Gilby belum pantas menjadi tulang punggung GNR, Axl memilih Paul Huge Tobias karena menurut Axl bahwa Paul Tobias bisa membantu menulis lagu. Tobias memang pintar menulis lagu, tdk seperti Gilby…maka inilah yg dicari setelah Izzy. Namun masuknya Tobias tdk mendapat restu dari SLASH, Slash tdk menginginkan Tobias dalam band, puncaknya Slash marah krn part solo gitar dalam Sympahty ditindih oleh permainan dari Tobias……

      benar bahwa permainan gitar GILBY lebih rapi daripada IZZY yang serampangan….namun bnyk pengamat yg suka pada gaya IZZY yang serampangan dan agak malas itu, mirip kyk Rolling sTone katanya…….dan benar sekali bahwa SLASH lebih suka permainan Gilby, mirip bahwa Slash pernah berkata kalau Izzy bermain tdk serapi Gilby. namun kontribusi IZZY sangat besar, dia adalah hits maker bersama Axl, dia juga founding member GNR…maka tak heran jika Posisi IZZY itu sangat berharga……..

      GILBY dan AXL pernah bermasalah ketika GILBY secara sepihak DIPECAT oleh AXL ROSE, tanpa persetujuan Slash dan McKagan. dan masalah utamanya adalah GILBY belum menerima bayaran yang sesuai dengan kontraknya selama Use Your Illusion Tour……..GILBY menggugat AXL untuk masalah keuangan ini, GILBY menuntut kompensasi yang sesuai dengan kontribusinya… MASALAH INI SELESAI DIPENGADILAN setelah Gilby menang gugatan, dan Axl Rose bersedia membayar kompensasi yang diajukan oleh Gilby…..masalah selesai,

      Tahun 2000, AXL ROSE muncul di depan publik pertama kali sejak tahun 1994, dia muncul dalam penampilan band STARFUCKERS yang digawangi oleh Gilby Clarke………AXL ROSE lalu naik panggung dan bernyanyi bersama Gilby and The Band…menyanyikan lagu (tanpa persiapan, tanpa latihan) WILD HORSES (Rolling Stone). Inilah persahabatan Axl dan Gilby………… mereka rukun hingga sekarang walau jrg berkomunikasi.

  10. pijarpatricia mengatakan:

    kita lihat saja nanti, tapi untuk saat ini saya tidak akan yakin kalau Axl Rose sudah mau berdamai dengan Slash.

  11. . gara2 ke eg0isan axl smua hancur. where izzy stradlin. gw kangen ama gnr yg di gawangi oleh’ axl rose. slash gibson. izzy stradlin. duff mckagan. steven adller.

  12. I love guns n roses ampe mampus.
    add facebook me. ( fhey stradlline november rine )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: